Atasi Susah Kentut  dengan 4 Cara Ini, Buang Angin Lebih Lancar

Menu

Mode Gelap
FIFA Resmi Umumkan Jadwal Kick-off Piala Dunia 2022 Dimajukan Hari Ini Harga Emas Antam Turun Rp 5.000 Per Gram Diserang Kelompok ADF, 800 Napi Penjara di Kongo Timur Kabur Jangan Telat Perpanjang Sim, Cek di Sini Lokasinya! Bupati Pemalang Terjaring OTT KPK

Kesehatan · 5 Jul 2022 22:48 WIB

Atasi Susah Kentut  dengan 4 Cara Ini, Buang Angin Lebih Lancar


 Ilustrasi. (Freepik/Suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi. (Freepik/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Susah kentut atau tidak bisa kentut bisa menyebabkan perut kembung. Buang angin atau kentut itu sendiri merupakan proses alami untuk mengeluarkan gas yang menumpuk di dalam perut.

Gas perut tidak segera keluar salah satunya karena kebiasaan menahan kentut. Selain itu, ada kebiasaan yang memicu masuknya udara ke dalam saluran pencernaan, seperti permen karet, merokok, atau konsumsi minuman bersoda. Seseorang yang tidak bisa kentut biasanya disebabkan karena masalah obstruksi perut atau penyumbatan usus yang disebabkan oleh feses, benda asing dari luar, atau kanker. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Dikutip dari Hellosehat.com, berikut cara agar bisa kentut.

Mengonsumsi makanan pemicu keluarnya gas

Konsumsi makanan pemicu gas membantu memberikan tekanan dari dalam perut. Jadi, gas lebih mudah terdorong melalui kentut. Berikut jenis makanan pemicu gas yang bisa dicoba agar bisa kentut secara alami.

  • Sayuran cruciferous seperti kubis, brokoli, kembang kol, pak choy, dan asparagus.
  • Kacang-kacangan seperti kacang polong.
  • Produk susu seperti keju, es krim, dan yoghurt.
  • Jus buah misalnya jus apel dan jus pir.
  • Minuman berkarbonasi seperti air soda
  • Makanan berserat tinggi seperti gandum utuh, buah-buahan, dan sayuran.

Memijat perut dengan minyak

Ada beberapa jenis minyak yang menimbulkan sensasi hangat ketika digosok, seperti minyak peppermint, minyak kayu putih, atau minyak eukaliptus. Memijat perut dengan minyak ini bisa Anda coba sebagai cara agar bisa kentut secara alami. Gerakan memijat perut terbukti memicu gerakan di dalam perut sehingga mendorong gas keluar. Selain itu, studi terbitan Molecules (2019) juga menemukan bahwa ketiga minyak tersebut melemaskan otot perut sehingga udara yang terjebak di dalam perut keluar dengan mudah.

Melakukan rangkaian yoga

Yoga merupakan olahraga untuk perut kembung. Gerakan yoga sederhana bisa dicoba untuk melancarkan buang angin. Salah satunya yakni Child’s pose atau pose anak kecil adalah gerakan dasar yoga yang paling membantu saat Anda tidak bisa buang angin. Posisi ini bermanfaat untuk melemaskan pinggul dan punggung bagian bawah sehingga membantu memindahkan gas melalui usus.

Berjalan kaki

Berjalan kaki bisa menjadi cara mengatasi perut kembung. Studi terbitan Gastroenterology and Hepatology from Bed to Bench (2021) menemukan bahwa berjalan, terutama setelah makan, membuat otot perut berkontraksi. Nantinya, cara kerja ini membantu lewatnya gas dan cairan di dalam perut. Efeknya, Anda pun bisa kentut dengan lebih mudah.

Sebaiknya Anda berjalan kaki setidaknya selama sepuluh menit agar bisa mendapatkan keuntungannya secara maksimal. Cara agar bisa kentut bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang merangsang produksi gas maupun melakukan aktivitas fisik. Meski demikian, jika beberapa cara di atas tidak memberikan hasil dan mengganggu kegiatan harian, segera temui dokter.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

5 Hal yang Dilakukan Sebelum Tidur demi Kesehatan

13 Agustus 2022 - 18:28 WIB

Dilakukan sebelum tidur

Salah Satunya Mencerahkan Kulit, Ini 5 Manfaat Apel untuk Kesehatan Wajah

13 Agustus 2022 - 16:34 WIB

Ngeri, Pesan Dokter Boyke Jangan Keseringan Minum Kopi Obat Kuat Berbahaya!!!

12 Agustus 2022 - 18:53 WIB

Kebiasaan Pagi Hari

Kenali 5 Sinyal Tubuh Alami Dehidrasi, Jangan Diabaikan!

12 Agustus 2022 - 11:49 WIB

Dehidrasi

Wajib Tahu! Manfaat Ciuman dengan Pasangan bagi Kesehatan

12 Agustus 2022 - 09:52 WIB

Fakta Unik, Rutin Makan Sayur Bisa Tingkatkan Daya Ingat

12 Agustus 2022 - 09:27 WIB

Makan Sayur
Trending di Kesehatan