Friday, 19 April 2024
HomeBeritaAwas Jadi Sarang Penyakit, Ganti Bantal Secara Berkala!

Awas Jadi Sarang Penyakit, Ganti Bantal Secara Berkala!

Bogordaily.net termasuk benda yang sehari-hari menemani kita tidur. Nah, ternyata menjadi benda yang perlu ganti secara berkala lantaran digunakan setiap hari. Benda ini bisa menjadi sarang penyakit.

Ahli virologi Lindsay Broadbent mengatakan tidak ganti selama lebih dari dua tahun kemungkinan besar mengandung kuman.

“Oh, saya suka membuat orang kesal dengan memberi tahu mereka bahwa jika mereka berusia lebih dari dua tahun, maka 10 persen dari beratnya adalah tungau debu dan kotoran hewan itu,” kata Broadbent, dikutip dari The Health Site.

Para ahli menyarankan setiap orang harus mengganti setidakanya sekali dalam dua tahun karena di dalamnya bisa penuh dengan bakteri, tungau debu, atau bahkan cacing (terutama di area yang tertutup oleh keringat).

Di sisi lain, juga akan kehilangan kenyamannya. Terlebih jika tidak dicuci secara teratur.

“Saat rata, akan menawarkan lebih sedikit dukungan leher, yang dapat menyebabkan nyeri leher, bahu, dan punggung bagian atas,” kata direktur Pusat Pengobatan Tidur Pusat Medis Universitas Cincinnati, Ann Romaker.

Masalah itu akan membuat penggunanya tidak nyaman dan tidak nyenyak, lapor Live Strong.

Tidur di atas yang rata juga bisa menghambat pernapasan, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi septum hidung bengkok, kondisi saat membran yang membagi rongga hidung berada di luar pusatnya.

“Bagi kebanyakan orang dengan septum bengkok, mengangkat kepala membantu drainase hidung. Jika rata, hidung akan lebih tersumbat,” imbuhnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here