Monday, February 6, 2023
HomeKesehatanAwas Jadi Sarang Penyakit, Ganti Bantal Secara Berkala!

Awas Jadi Sarang Penyakit, Ganti Bantal Secara Berkala!

IIMS

Bogordaily.net– Bantal termasuk benda yang sehari-hari menemani kita tidur. Nah, bantal ternyata menjadi benda yang perlu ganti secara berkala lantaran digunakan setiap hari. Benda ini bisa menjadi sarang penyakit.

Ahli virologi Lindsay Broadbent mengatakan tidak ganti bantal selama lebih dari dua tahun kemungkinan besar mengandung kuman.

“Oh, saya suka membuat orang kesal dengan memberi tahu mereka bahwa jika bantal mereka berusia lebih dari dua tahun, maka 10 persen dari beratnya adalah tungau debu dan kotoran hewan itu,” kata Broadbent, dikutip dari The Health Site.

Para ahli menyarankan setiap orang harus mengganti bantal setidakanya sekali dalam dua tahun karena di dalamnya bisa penuh dengan bakteri, tungau debu, atau bahkan cacing (terutama di area yang tertutup oleh keringat).

Di sisi lain, bantal juga akan kehilangan kenyamannya. Terlebih jika tidak dicuci secara teratur.

“Saat bantal rata, bantal akan menawarkan lebih sedikit dukungan leher, yang dapat menyebabkan nyeri leher, bahu, dan punggung bagian atas,” kata direktur Pusat Pengobatan Tidur Pusat Medis Universitas Cincinnati, Ann Romaker.

Masalah itu akan membuat penggunanya tidak nyaman dan tidak nyenyak, lapor Live Strong.

Tidur di atas bantal yang rata juga bisa menghambat pernapasan, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi septum hidung bengkok, kondisi saat membran yang membagi rongga hidung berada di luar pusatnya.

“Bagi kebanyakan orang dengan septum bengkok, mengangkat kepala membantu drainase hidung. Jika bantal rata, hidung akan lebih tersumbat,” imbuhnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Gabung dengan Kami

Loker Bogor Daily

Invitation Investor Gathering

Anton S Suratto

Perumda Tirta Pakuan

PAN Jawa Barat

Harlah PPP

Dirgahayu PDI Perjuangan

RSUD Ciawi

RSUD Leuwiliang

Antam

Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama

Perumda Tirta Kahuripan

Sienna Residence bogor

UIKA Bogor