Thursday, 28 March 2024
HomeEkonomiAwas! Jebakan Diskon Besar saat Belanja Online

Awas! Jebakan Diskon Besar saat Belanja Online

Bogordaily.net–  Menaikkan harga sebelum diberi diskon seringkali menjadi trik flatform atau saat . Cara ini pun terbilang jitu untuk menarik perhatian konsumen untuk membeli. Namun, ternyata cara ini banyak menipu dan justru merugikan konsumen.

Hal tersebut diungkapkan dalam webinar bertajuk “Yuk Pahami Hak dan Kewajiban Pelaku Usaha Daring” sebagaimana dilansir Suara.com.

Relawan Mafindo dan Fasilitator Tular Nalar Tommy F. Rumengan mengatakan flatform memang sering menawarkan potongan harga yang cukup besar kepada setiap konsumen.

“Apabila saat kita berbelanja kemudian ada tulisan flash sale ‘50 persen harga turun', Tapi biasanya itu ada gimmick atau trik marketing juga. Jadi harganya dinaikkan dulu 50 persen kemudian diturunkan 40 persen yang berarti diskonnya hanya 10 persen,” kata Rumengan.

Dirinya pun meminta kepada konsumen untuk lebih berhati-hati setiap kali untuk belanja di flatform online, agar tidak masuk dalam jebakan diskon besar ala .

Sementara itu, konsultan IT Anwar Sadat mengatakan promosi yang dilakukan setiap flatform sebetulnya memiliki aturan dan tidak sembarang.

“Kalau kita berjualan dan memberikan promosi di media sosial, seolah-olah hal tersebut bebas hukum padahal tidak. Apa yang teman-teman jual dan yang teman-teman promosikan di Indonesia maka akan terkena undang-undang konsumen. Artinya apa? Kalau yang kita janjikan tidak sesuai, maka kita dapat dituntut untuk ganti rugi,” jelasnya.

Menurut Anwar, Indonesia memiliki badan perlindungan hukum nasional yang akan melindungi konsumen-konsumen terkait penipuan produk yang dilakukan.

“Kedua, diperkuat juga dengan perlindungan transaksi elektronik. Kalau punya sistem atau punya data, kita harus hati-hati. Kalau ada illegal access atau manipulasi data, kita dapat kena pidana,” jelasnya.

Koordinator NXG Indonesia dan Dosen Universitas Negeri Makassar Sri Riski Wulandari menilai setiap konsumen harus selalu menyadari jika berinteraksi dengan manusia nyata di jaringan yang lain harus tetap berhati-hati.

“Manfaat etika bisnis yaitu dapat memperkuat brand image toko dan produk, meningkatkan kredibilitas, dan menciptakan hubungan yang baik antara konsumen dan pebisnis/penjual,” katanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here