Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaBadai Petir Melanda India, 20 Tewas Tersambar

Badai Petir Melanda India, 20 Tewas Tersambar

Bogordaily.net – Badai petir melanda negara , 20 orang dikabarkan tewas tersambar. Wilayah yang dilantai badai petir itu adalah negara bagian Bihar, bagian Timur.

Badai dan petir disertai kilat diperkirakan masih akan melanda wilayah di bagian utara negara bagian itu, pada Rabu dan Kamis.

Puluhan korban jiwa akibat tersambar petir itu terjadi dalam waktu 24 jam terakhir. Wilayah terdampak di delapan distrik di negara bagian Bihar.

Ketua Menteri Bihar, Nitish Kumar telah meminta orang-orang untuk mengikuti saran dari otoritas penanggulangan bencana negara bagian.

Ratusan orang meninggal di setiap tahun dalam insiden disambar petir selama hujan monsun.

Salah satu alasan yang dikutip, tingginya jumlah kematian itu karena banyaknya orang yang bekerja di luar ruangan di dibandingkan dengan bagian lain dunia, yang membuat mereka lebih rentan.

Pada hari Selasa, Kumar mengumumkan pemerintah akan memberi kompensasi 400.00 rupee ($5.008; £4.154) untuk keluarga masing-masing almarhum.

The Times of melansir, Kepala Menteri juga telah mengadakan pertemuan minggu lalu dan meminta pejabat negara untuk memasang penangkal petir di semua gedung pemerintah, termasuk sekolah dan rumah sakit.

“Posisi geografis negara bagian Bihar memang membuatnya sangat rentan terhadap sambaran petir yang sering terjadi selama musim hujan,” kata laporan itu.

Bulan Februari tahun ini, BBC melaporkan bahwa jumlah sambaran petir di telah meningkat tajam dalam beberapa tahun terakhir.

Data satelit yang dikumpulkan oleh Institut Meteorologi Tropis juga menunjukkan bahwa serangan telah “meningkat pesat” antara 1995 hingga 2014.

mencatat lebih dari 18 juta sambaran petir antara April 2020 hingga Maret 2021, menurut sebuah studi oleh Climate Resilient Observing Systems Promotion Council. Angka ini naik 34% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. ***

Sumber: suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here