Wednesday, 8 May 2024
HomeBeritaBawa Kabur Biji-bijian Ukraina, Turki Tahan Kapal Kargo Rusia

Bawa Kabur Biji-bijian Ukraina, Turki Tahan Kapal Kargo Rusia

Bogordaily.net – Turki akhirnya mengabulkan permintaan Kyiv untuk menahan kapal kargo Rusia yang diduga membawa curian dari .

Duta besar untuk Turki Vasyl Bodnar, pada Minggu, 3 Juli 2022 mengatakan penangkapan atau penyitaan kapal Rusia tersebut adalah hasil kerja sama antara otoritas dengan otoritas bea cukai Turki.

“Kapal tersebut saat ini berdiri di pintu masuk pelabuhan. Otoritas bea cukai Turki telah menahannya,” kata Bodner di Televisi Nasional , seperti dikutip dari RMOL, Senin 4 Juli 2022.

Pada Jumat, 1 Juli 2022 meminta Turki menahan kapal kargo berbendera Rusia, Zhibek Zholy, yang diyakini membawa .

Pada Minggu 2 Juli 2022 kapal Zhibek Zholi terlihat berlabuh di lepas pantai pelabuhan Karasu, sekitar 1 km dari pelabuhan. Tidak ada tanda-tanda pergerakan kapal atau kapal lain di dekatnya.

Ukraina menuduh Rusia mencuri dari daerah yang diduduki pasukan Rusia sejak dimulainya invasi Moskow pada akhir Februari. Kremlin sebelumnya membantah bahwa Rusia mencuri dari Ukraina.

Seorang pejabat di kementerian luar negeri Ukraina mengatakan dengan mengutip data dari administrasi maritim Ukraina, bahwa kapal tersebut telah memuat kargo pertama sekitar 4.500 ton biji-bijian Ukraina dari pelabuhan Bardiansk yang diduduki Rusia.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here