Maki-zushi Bekal Makanan Anak ke Sekolah ala Anak-anak Jepang yang Simple dan Penuh Gizi

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Pegadaian Turun, Rabu 28 September 2022 Jangan Telat Perpanjang SIM! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 28 September 2022 Terkini! Ini Ramalan Kota Bogor Hari Ini, Rabu 28 September 2022 Masih Sama, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Selasa, 27 September 2022 Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM di Kota Bogor, Selasa 27 September 2022

Kuliner · 18 Jul 2022 12:44 WIB

Maki-zushi Bekal Makanan Anak ke Sekolah ala Anak-anak Jepang yang Simple dan Penuh Gizi


 Maki-zushi Bekal Makanan Anak ke Sekolah ala Anak-anak Jepang yang Simple dan Penuh Gizi Perbesar

Bogordaily.net – Musim sekolah tahun ajaran baru sudah dimulai. Para ibu kini sibuk menyiapkan berbagai kebutuhan anak. Selain seragam juga bekal makanan. Bekal makanan anak ke sekolah ala anak-anak Jepang yang simple dan penuh gizi ini bisa anda coba di rumah.

Anak-anak yang menyambut tahun ajaran yang baru membawa ‘bekal makan siang’ ke taman kanak-kanak atau sekolah. Di Jepang setiap April adalah musim memasuki taman kanak-kanak atau sekolah. Orang tua berupaya membuat bekal makan siang berhias yang elok agar anak-anaknya dapat menikmati makan siang.

Ada banyak kreatifitas membuat bekal makanan anak ke sekolah. Anak-anak juga didorong untuk makan sayurannya, dengan memotong sayur-sayuran menjadi bentuk hati atau bintang.

Melansir suara.com dari situs nhkworld, bekal makan siang di Jepang dibuat dengan harapan terbaik dari orang tua agar anak-anak dapat bersenang-senang di taman kanak-kanak atau di sekolah dasar.

Salah satunya adalah sajian Maki-zushi alias sushi gulung. Sayur-sayuran atau ikan atau berbagai jenis isi lainnya dibungkus dengan nasi yang diberi cuka beras serta lembaran nori (rumput laut) hingga menjadi gulungan-gulungan.

Namun resep kali ini menggunakan tuna kalengan, sayur-sayuran serta telur sebagai isi untuk membuat sushi gulung.

Berikut bahan-bahan untuk 4 porsi :

360 ml (300 g) nasi

400 ml air

(cuka Sushi)

3 sendok makan cuka

2 sendok makan gula

1 sendok teh garam

1 wortel (100 g)

1 sendok makan gula

1/4 sendok teh garam

200 ml air

2 telur

1 sendok makan gula

Sejumput garam

1/2 sendok teh kecap asin Jepang

1 sendok makan air

1 sendok teh minyak

1 timun

70 g tuna kalengan

4 lembar nori/rumput laut (bentuk kotak yang tiap sisi panjangnya sekitar 20 cm)

Cara membuat :

1. Buatlah nasi yang diberi cuka beras. Mohon merujuk ke laman program ini di bawah resep Ayam Teriyaki, untuk melihat cara memasak nasinya.

2. Sekarang buat cuka sushi. Masukkan cuka, gula dan garam ke dalam panci masak kecil lalu kocok rata.

3. Masukkan nasi yang baru dimasak ke dalam cawan, masukkan cuka sushi lalu aduk selama satu atau dua menit. Begitu nasi dan cuka sushinya sudah tercampur, kipas-kipas dan dinginkan nasinya, lalu pisahkan menjadi empat bagian yang sama besar.

4. Kupas wortel lalu potong menjadi batang berdiameter 1 cm. Masukkan potongan wortel ke dalam panci lalu masak dengan api sedang.

Setelah airnya mendidih, kecilkan apinya dan masak selama 5 menit. Setelah 5 menit, masukkan gula dan garam, pasang kembali penutup panci lalu teruskan masak selama 7 menit lagi. Matikan api, biarkan dingin agar wortel menyerap bumbu-bumbunya.

5. Masak telur dadar tamago-yaki. Masukkan gula, garam, kecap asin Jepang serta air ke dalam cawan lalu aduk rata.

Pecahkan telur ke dalam cawan yang berbeda lalu kocok rata. Tambahkan bumbu yang baru Anda aduk. Panaskan panci penggorengan dengan api sedang, tuangkan minyak dengan merata, lalu masukkan campuran telur sekaligus, lalu aduk dengan cepat.

Saat campuran telurnya sudah setengah matang, angkat pegangan panci penggorengan lalu miringkan menjauh dari Anda agar telurnya merosot ke tepi, lalu bentuklah menjadi telur dadar.

Kecilkan api dan masak hingga matang sepenuhnya. Begitu telur dadar sudah dingin, potong-potong menjadi batang-batang berdiameter 1 cm.

6. Potong timun menjadi batang-batang berdiameter 1 cm juga.

7. Masukkan tuna ke dalam saringan lalu tiriskan.

8. Gelar tikar penggulung sushi atau kain yang kuat, lalu letakkan lembaran nori di atasnya. Lembabkan tangan Anda, lalu lap sedikit dengan handuk tangan.

Ambil salah satu dari seperempat porsi nasi yang sudah diberi cuka beras, lalu sebarkan merata di atas nori, dengan meninggalkan jeda berdiameter sekitar 5 cm tanpa nasi di ujung nori.

9. Begitu nasi yang sudah diberi cuka beras disebar merata, letakkan isi di atas nasi di baris tengah. Isi yang lebih lembut diletakkan lebih dahulu. Telur dadar diletakkan di sebelah tuna. Wortel dan timun di atas tuna dan telur.

10. Gunakan kedua jempol untuk mengangkat bagian dekat ujung tikar penggulung, dan jari-jari lainnya untuk menahan isi agar tetap pada tempatnya.

Angkat tepi yang dekat dengan kita ke arah tepi yang jauh dari kita untuk menangkupnya. Gulung menjadi bentuk silinder, lalu gulung maju mundur sedikit agar membuat bentuk yang baik.

Letakkan gulungan yang sudah jadi dengan ujung gulungan menghadap ke bawah. Gulung tiga gulungan berikutnya dengan cara yang sama.

11. Potong masing-masing gulungan menjadi 8 potongan sama besar.

Sumber: suara.com

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Review Rumah Makan Sunda Termurah di Bogor, Cocok Buat Makan Siang, Cekidot!

28 September 2022 - 12:38 WIB

Review 5 Desert Khas Jepang yang Bikin Lidah Bergoyang. Pernah Nyoba?

27 September 2022 - 17:02 WIB

Silahkan Dicoba, Resep Laksa Khas Bogor Maknyus!

26 September 2022 - 13:23 WIB

Enak dan Manis, 4 Jenis Pisang Ini Cocok untuk Digoreng

25 September 2022 - 15:23 WIB

jenis Pisang

Termewah di Bali, Ini Harga Menu Makanan Atlas Beach Club 

23 September 2022 - 19:16 WIB

Menu Atlas Beach Club

Bikin Ketagihan, Ini Resep Sambal Dabu-Dabu Khas Manado

23 September 2022 - 10:31 WIB

resep sambal dabu-dabu
Trending di Kuliner