Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaBertemu Presiden Rusia, Jokowi Siap Jadi Jembatan Komunikasi Putin-Zelensky

Bertemu Presiden Rusia, Jokowi Siap Jadi Jembatan Komunikasi Putin-Zelensky

Bogordaily.net– Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berada di untuk bertemu Presiden . Tujuan pertemuan ini adalah membawa pesan perdamaian bagi Ukraina dan yang masih memanas.

Jokowi tiba di Istana Kremlin Kamis, 30 Juni 2022 sekitar pukul 15.30 waktu setempat dan melakukan pertemuan dengan Presiden Putin di Ruang Upacara Kenegaraan Istana Kremlin.

Dalam pertemuan itu, Jokowi siap menjadi jembatan perdamaian antara Ukraina dan .

“Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut,” kata Jokowi dalam konfrensi pers di , sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia, Jumat, 1 Juli 2022.

Jokowi menjelaskan, konstitusi Indonesia mengamanatkan agar Indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia.

“Isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Dalam konteks inilah, saya lakukan kunjungan ke Kyiv dan Moskow,” kata Jokowi.

Ia juga mengaku berdiskusi dengan Putin terkait ketersediaaan pangan dan pupuk dari Ukraina dan .

“Merupakan kepentingan masyarakat dunia dan ratusan orang terdampak dengan terganggunya rantai pasok pangan dan pupuk terutama di negara-negara berkembang,” jelasnya.

Lebih lanjut Jokowi sangat menghargai Presiden Putin yang menyampaikan bahwa memberikan jaminan keamanan untuk pasokan pangan dan pupuk baik dari dan juga Ukraina.

“Ini sebuah berita yang baik,” imbuhnya.

Sementara itu Presiden mengaku bahagia menjamu kedatangan Jokowi di Moskow dan menghargai misi damai yang dibawa sang presiden RI terkait konflik -Ukraina.

“Saat kita bertelepon, Anda menunjukkan kekhawatiran dan kepentingan dalam berbagai isu untuk menyelasikan krisis di Ukraina, di Donbas. Secara alamiah, saya akan memberi tahu Anda secara rinci tentang semua yang terjadi di sana dan tentang perspektif kami soal masalah ini,” kata Putin kepada Jokowi.

Kata Putin, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki hubungan sangat baik dengan Rusia selama beberapa dekade terakhir. Ia juga menganggap Indonesia sebagai salah satu mitra kunci Rusia di Asia-Pasifik. Ia tak lupa memamerkan bahwa Rusia pun pernah membantu Indonesia membangun negara di awal kemerdekaan.

“Izinkan saya mengingatkan Anda bahwa negara kita membantu Indonesia membangun kenegaraan dan memperkuat posisi RI muda di kancah internasional (di awal kemerdekaan),” jelas Putin.

Dalam pernyataannya, Putin juga menegaskan dukungan Rusia terhadap upaya Indonesia menjadi Presiden G20 tahun ini.  Namun, ia tak menjabarkan apakah akan hadir dalam KTT G20 di Bali November mendatang. Padahal, kehadiran Putin di KTT G20 terus menjadi sorotan publik internasional.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here