Bertemu Presiden Rusia, Jokowi Siap Jadi Jembatan Komunikasi

Menu

Mode Gelap
FIFA Resmi Umumkan Jadwal Kick-off Piala Dunia 2022 Dimajukan Hari Ini Harga Emas Antam Turun Rp 5.000 Per Gram Diserang Kelompok ADF, 800 Napi Penjara di Kongo Timur Kabur Jangan Telat Perpanjang Sim, Cek di Sini Lokasinya! Bupati Pemalang Terjaring OTT KPK

Internasional · 1 Jul 2022 08:41 WIB

Bertemu Presiden Rusia, Jokowi Siap Jadi Jembatan Komunikasi Putin-Zelensky


 Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow, Kamis, 29 Juni 2022 waktu setempat. (Biro Pers Sekretariat Negara/CNN Indonesia/Bogordaily.net)  Perbesar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow, Kamis, 29 Juni 2022 waktu setempat. (Biro Pers Sekretariat Negara/CNN Indonesia/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berada di Rusia untuk bertemu Presiden Vladimir Putin. Tujuan pertemuan ini adalah membawa pesan perdamaian bagi Ukraina dan Rusia yang masih memanas.

Jokowi tiba di Istana Kremlin Kamis, 30 Juni 2022 sekitar pukul 15.30 waktu setempat dan melakukan pertemuan dengan Presiden Putin di Ruang Upacara Kenegaraan Istana Kremlin.

Dalam pertemuan itu, Jokowi siap menjadi jembatan perdamaian antara Ukraina dan Rusia.

“Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut,” kata Jokowi dalam konfrensi pers di Rusia, sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia, Jumat, 1 Juli 2022.

Jokowi menjelaskan, konstitusi Indonesia mengamanatkan agar Indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia.

“Isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Dalam konteks inilah, saya lakukan kunjungan ke Kyiv dan Moskow,” kata Jokowi.

Ia juga mengaku berdiskusi dengan Putin terkait ketersediaaan pangan dan pupuk dari Ukraina dan Rusia.

“Merupakan kepentingan masyarakat dunia dan ratusan orang terdampak dengan terganggunya rantai pasok pangan dan pupuk terutama di negara-negara berkembang,” jelasnya.

Lebih lanjut Jokowi sangat menghargai Presiden Putin yang menyampaikan bahwa memberikan jaminan keamanan untuk pasokan pangan dan pupuk baik dari Rusia dan juga Ukraina.

“Ini sebuah berita yang baik,” imbuhnya.

Sementara itu Presiden Rusia Vladimir Putin mengaku bahagia menjamu kedatangan Jokowi di Moskow dan menghargai misi damai yang dibawa sang presiden RI terkait konflik Rusia-Ukraina.

“Saat kita bertelepon, Anda menunjukkan kekhawatiran dan kepentingan dalam berbagai isu untuk menyelasikan krisis di Ukraina, di Donbas. Secara alamiah, saya akan memberi tahu Anda secara rinci tentang semua yang terjadi di sana dan tentang perspektif kami soal masalah ini,” kata Putin kepada Jokowi.

Kata Putin, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki hubungan sangat baik dengan Rusia selama beberapa dekade terakhir. Ia juga menganggap Indonesia sebagai salah satu mitra kunci Rusia di Asia-Pasifik. Ia tak lupa memamerkan bahwa Rusia pun pernah membantu Indonesia membangun negara di awal kemerdekaan.

“Izinkan saya mengingatkan Anda bahwa negara kita membantu Indonesia membangun kenegaraan dan memperkuat posisi RI muda di kancah internasional (di awal kemerdekaan),” jelas Putin.

Dalam pernyataannya, Putin juga menegaskan dukungan Rusia terhadap upaya Indonesia menjadi Presiden G20 tahun ini.  Namun, ia tak menjabarkan apakah akan hadir dalam KTT G20 di Bali November mendatang. Padahal, kehadiran Putin di KTT G20 terus menjadi sorotan publik internasional.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Paspor Baru Tanpa Kolom Tanda Tangan, Jerman Tolak WNI

13 Agustus 2022 - 19:09 WIB

Sekongkol dengan Paranormal, Perempuan Ini Menipu Ibu Kandungnya Hingga Rp2,53 Triliun

13 Agustus 2022 - 09:20 WIB

menipu

Diduga Pemicu Kanker, Bedak Bayi Johnson & Johnson Akan Berhenti Produksi

13 Agustus 2022 - 08:30 WIB

Alami Kekeringan, Inggris Lakukan Pembatasan Penggunaan Air di Beberapa Rumah

13 Agustus 2022 - 08:17 WIB

Inggris Kekeringan

Adik Kim Jong Un Ancam Balas Biang Kerok Covid-19, Korsel Siaga

12 Agustus 2022 - 15:21 WIB

Google Luncurkan Situs untuk Bantu Anak Belajar Membaca

12 Agustus 2022 - 12:35 WIB

belajar membaca
Trending di Internasional