Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaBikin Tidak Nyaman, Ini Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Bikin Tidak Nyaman, Ini Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Bogordaily.net– ditandai dengan munculnya rasa sakit di punggung bagian bawah atau samping. Kondisi ini kerap dipicu oleh beberapa faktor, seperti pertambahan usia, kehamilan, terlalu lama duduk, berat badan berlebih, jarang olahraga, dan kebiasaan mengangkat beban berat. Bisa juga terjadi akibat masalah kesehatan atau penyakit tertentu, seperti stenosis spinal, skoliosis, saraf kejepit, radang sendi, cedera tulang belakang, dismenore, dan infeksi ginjal atau saluran kemih. Bila Anda mengalaminya, ada cara mudah mengatasi . Berikut cara mengatasi sebagaimana dilansir dari Aladokter.

Kompres dingin atau hangat

Kompres dingin dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit akibat peradangan atau cedera ringan. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membungkus es dengan kantong atau handuk tipis, lalu tempelkan di bagian pinggang yang nyeri selama 20 menit. Lakukan secara rutin selama 2–3 hari.

Bila rasa nyeri masih hilang timbul selama lebih dari 3 hari, ganti kompres menggunakan air hangat untuk meredakan ketegangan otot dan meningkatkan aliran darah. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk mandi menggunakan air hangat.

Olahraga secara teratur

Olahraga dapat memperkuat otot dan meningkatkan kelenturan tubuh di bagian pinggang, sehingga bisa meredakan gejala dan mencegahnya kambuh kembali. Bila nyeri di pinggang tidak lagi terasa berat, Anda bisa mencoba olahraga ringan, seperti jalan santai, renang, atau yoga. Olahraga ini tergolong baik dan aman dilakukan saat , karena tidak memberikan beban terlalu banyak pada persendian.

Perhatikan posisi tidur

Anda juga bisa mencoba tidur dengan posisi telentang dan meletakkan bantal di bawah lutut. Selain itu, tidur dengan posisi menyamping juga dianggap bisa meringankan gejala dan meredakan otot yang tegang. Letakkan pula bantal atau guling di bagian belakang tubuh.

Jaga postur tubuh tetap baik

Salah satu penyebab umum adalah kebiasaan duduk membungkuk saat bekerja di depan komputer. Sebaiknya, jaga postur tubuh tetap baik dengan cara duduk tegak dan pastikan bahu tetap rileks. Letakkan pula bantal di belakang tubuh untuk menyangga pinggang. Penggunaan alas duduk khusus yang memiliki cekungan di bagian belakang juga dapat meringankan keluhan nyeri di area pinggang. Hindari pula duduk terlalu lama karena dapat memperparah .

Konsumsi obat pereda nyeri

Anda juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual secara bebas di apotek, seperti paracetamol maupun ibuprofen. Pastikan konsumsi obat ini sesuai petunjuk penggunaan di kemasannya. Namun, bila masih sering kambuh meski sudah melakukan cara di atas atau disebabkan oleh kondisi medis tertentu, biasanya dokter akan melakukan terapi khusus seperti akupunktur, fisioterapi, bahkan operasi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here