Monday, 29 April 2024
HomeNasionalBukan Hanya Sampah, Sofa Pun Dibuang ke Sungai Cisadane

Bukan Hanya Sampah, Sofa Pun Dibuang ke Sungai Cisadane

Bogordaily.net – Bukan hanya sampah rumah tangga yang banyak dibuang di Sungai Cisadane, sofa rumah tangga pun ada yang dibuang ke sungai tersebut.

Demikian disampaikan Dirut Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor saat menyusuri sungai Cisadane dalam aksi ‘ Cisadane Lebih Resik’

Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor bekerja sama dengan paguyuban ‘Cisadane Lebih Resik’ mengadakan kegiatan rafting sekaligus membersihkan sungai Cisadane di Intake Ciherang Pondok, Ciherang, Kabupaten Bogor, Rabu 20 Juli 2022.

Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Rino Indira mengatakan bahwa pada kegiatan bebersih sungai Cisadane ini Tirta Pakuan menggandeng beberapa komunitas peduli lingkungan.

Salah satunya komunitas Patron yang tergabung dalam beberapa mahasiswa yang berada di wilayah Kota Bogor.

“Melihat kondisi sungai Cisadane yang banyak sampah, kami melakukan bebersih dengan menggunakan perahu karet dengan jarak 12 Kilometer dari Muara Jaya hingga Ciherang,” kata Dirut Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Rino Indira di Intake Ciherang Pondok usai melakukan bebersih sungai Cisadane.

Kemudian saat mengarungi sungai, Rino melihat banyak sampah di bantaran sungai yang tersangkut ranting pohon. Kebanyakan sampah di dominasi oleh sampah rumah tangga.

“Namun, ada juga sampah sofa yang berukuran besar. Saat mau diambil oleh kami tidak bisa, karena sampah sofa terlalu besar untuk di naikan ke dalam perahu karet,” jelasnya.

Rino mengaku dalam kegiatan bebersih sungai ini untuk menjaga agar air sungai tidak banyak sampah yang bisa menutupi saluran air baku.

“Pasalnya, 80 persen air baku Tirta Pakuan berasal dari sungai Cisadane,” ucapnya.

Pada kesempatan ini juga, Tirta Pakuan mengajak Wakil Ketua l DPRD Kota Bogor Jenal Mutaqin untuk mengikuti kegiatan bebersih sungai ini.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua l DPRD Kota Bogor Jenal Mutaqin mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Tirta Pakuan dalam bebersih sungai tersebut.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan bebersih sungai ini bisa berkelanjutan, jangan hanya sekali saja mengadakan kegiatan seperti ini,” katanya.

Ibnu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here