Friday, 3 May 2024
HomeBeritaBus Shalawat Beroperasi Lagi, Layani Jamaah Haji di Mekkah

Bus Shalawat Beroperasi Lagi, Layani Jamaah Haji di Mekkah

Bogordaily.net–  Setelah sempat berhenti sementara, akan kembali beroperasi 13 Juli 2022 dan melayani jamaah di Mekkah. Sebelumnya bus gratis itu beroperasi sementara pada 5 hingga 13 Zulhijah 1443 Hijriah atau 4—13 Juli 2022. Penghengtian itu dilakukan karena seluruh bus akan ditarik oleh Naqabah menuju Muzdalifah untuk persiapan puncak di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

akan kembali beroperasi mulai 14 Zulhijah. Hal ini untuk mengantarkan jemaah yang ingin melakukan tawaf ifadah maupun wada,” kata Kepala Seksi Transportasi Daerah Kerja Mekkah Asep Subhana di Mekkah, sebagaimana dilansir Suara.com dari Antara. Asep berharap calon menjaga kondisi kesehatannya untuk persiapan puncak dan salat lima waktu di masjid-masjid sekitar hotel ataupun musala-musala serta masjid yang disediakan oleh pihak hotel.

Mereka juga diminta tidak memaksakan diri untuk pergi ke Masjidilharam karena akan menguras tenaga. Begitu pula, puncak haji yaitu wukuf dan rangkaiannya membutuhkan kondisi fisik yang prima. Tim haji sudah membuat imbauan dan pengumuman terkait dengan penghentian sementara operasional yang ditempel di sebagian bus- agar jemaah tidak menumpuk di halte menunggu bus.

“Insyaallah, setelah nafar tsani, kami harapkan tidak ada larangan-larangan kembali dari kepolisian Arab Saudi sehingga sesuai dengan rencana pada tanggal 14 Zulhijah pergerakan kembali operasional ,” kata Asep.

Sebelumnya diberitakan jelang puncak haji di masa Masyair, layanan yang mengangkut para jamaah asal Indonesia di Makkah, Arab Saudi, mulai dihentikan sementara mengingat seluruh jamaah haji 2022 sudah datang ke Kota Makkah.

Naqobah–perusahaan angkutan milik Arab Saudi–menarik seluruh bus di Kota Makkah dan ditempatkan di pool Muzdalifah. Tujuannya untuk persiapan angkutan masyair mulai 7 Dzulhijjah untuk Tarwiyah-nya dan 8 Dzulhijjah untuk Armuzna.

Selain itu, untuk mencegah penumpukan jamaah di halte dan terminal, petugas membuat pengumuman dan imbauan. Pengumuman sudah ditempel di sebagian armada bus. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here