Friday, 19 April 2024
HomeBeritaCuaca Madinah Lebih Panas, Ini Pesan untuk Jamaah Haji Gelombang Kedua

Cuaca Madinah Lebih Panas, Ini Pesan untuk Jamaah Haji Gelombang Kedua

Bogordaily.net– Jamaah gelombang kedua mulai bergerak ke dari Mekkah sejak Kamis, 21 Juli 2022. Jamaah Indonesia pun diminta tidak melakukan aktivitas berlebihan selama berada di karena cuaca lebih panas dibanding Makkah.

Jamaah Indonesia akan berada di selama delapan hingga sembilan hari untuk melaksanakan ibadah arbain atau salat berjamaah 40 waktu di Masjid Nabawi dan ziarah.

Kepala Pusat Kesehatan , Budi Sylvana mengatakan karena pergeseran  sudah dimulai, tim kesehatan juga sudah melakukan persiapan seperti membuka kembali Kantor Kesehatan Indonesia (KKHI) Daerah Kerja .

Selain itu, pesan-pesan kesehatan yang spesifik melalui tim Promosi Kesehatan (Promkes) juga digalakkan, seperti tidak beraktivitas berlebihan di ruang terbuka yang panasnya menyengat, tetap banyak minum dan makan kurma agar kondisi tetap terjaga.

Skrining juga terus dilakukan, bahkan langsung sampai ke tingkat kloter untuk memantau jamaah dengan komorbid hipertensi dan diabetes.

“Mungkin nanti dokter-dokter ahli akan turun ke kloter untuk memastikan jamaah ini dalam kondisi fit, karena tujuan kita adalah menurunkan angka kesakitan jamaah. Keselamatan jamaah tetap menjadi prioritas kami,” ujar Budi dilansir Suara.com dari Antara.

Sementara itu, jamaah gelombang pertama sebagian sudah kembali ke Tanah Air melalui Jeddah. Sedangkan gelombang kedua akan ke Madinah dan kembali ke Indonesia lewat Bandara Pangeran Muhammad bin Abdulaziz di Madinah.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here