Saturday, 20 April 2024
HomeNasionalDiperingati 1 Juli, Inilah Makna Tema dan Logo Hari Bhayangkara 2022

Diperingati 1 Juli, Inilah Makna Tema dan Logo Hari Bhayangkara 2022

Bogordaily.net– Setiap 1 Juli, diperingati hari lahirnya Kepolisian Republik Indonesia (Polri) atau yang disebut dengan . Pada 2022 Kepolisian juga merilis logo untuk merayakan hari istimewa tersebut.

Dalam memperingati hari jadi yang ke 76 itu, Polri akan mengadakan sejumlah acara. Untuk yang ingin tahu lebih banyak tentang 2022, simak penjelasan berikut, termasuk tema dan logo 2022 sebagaimana dirangkum Suara.com.

Awalnya, kepolisian berada di dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan nama Djawatan Kepolisian Negara yang hanya bertanggung jawab tentang masalah administrasi. Sedangkan seluruh masalah operasional bertanggung jawab kepada Jaksa Agung.

Berdasarkan Penetapan Pemerintah tahun 1946 No. 11/S.D. Djawatan Kepolisian Negara yang bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri. Tepatnya mulai tanggal 1 Juli 1946. Tanggal 1 Juli inilah yang setiap tahun diperingati sebagai sampai saat ini.

Melansir dari laman Polri, tema peringatan 2022 yaitu ‘Polri yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh'.

Tema tersebut menegaskan bahwa Polri akan selalu seiring dan sejalan dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam hal memulihkan ekonomi nasional, khususnya saat usai terkendalinya pandemi Covid-19.

Pemelihan tema ini juga diapresiasi oleh Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo. Menurutnya langkah Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam menyambut peringatan Tahun 2022 sangatlah tepat.

Ia juga menjelaskan, selain karena adanya gencarnya vaksinasi dan berbagai terobosan kebijakan melalui sektor ekonomi serta pemulihan ekonomi nasional juga tidak lepas dari peran seluruh anggota Polri yang selalu siap sedia menjaga keamanan bangsa.

Hari lahir Polri atau saat ini juga tersemat dalam logo serta motto Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Adapun desain dari logo 2022 tampak begitu elegan kendati dibuat dengan sentuhan yang sederhana. Logo yang dirilis juga menampakkan warga yang begitu cerah.

Sementara itu, motto Polri berbunyi Rastra Sewakottama yang berasal dari bahasa Sansekerta. Artinya yaitu “Pelayan utama Bangsa”. Dalam bahasa Sansekerta, Rastra memiliki arti “bangsa” atau “rakyat” dan kata sevakottama berarti “pelayan terbaik.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa Rastra Sewakottama artinya “pelayan terbaik bangsa/rakyat”, dan dimaknai adanya “Polri sebagai pelayan dan abdi utama negara dan bangsa”. Sebutan tersebut merupakan Brata pertama dari Tri Brata yang resmi diikrarkan sebagai pedoman hidup Polri sejak 1 Juli 1954 lalu hingga saat ini.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here