Draupadi Murmu, Mantan Guru dan yang Jadi Presiden India

Menu

Mode Gelap
Rincian Harga Emas di Pegadaian Senin, 26 September 2022 Cepat dan Mudah, Berikut Lokasi Perpanjang SIM Kota Bogor Hari Ini Heboh Rumor Xi Jinping Dikudeta, Jadi Tahanan Rumah Bertambah, Kasus Positif Covid-19 di Tanah Air Capai 1.411 Pasien 5 Penyakit yang Wajib Diwaspadai Saat Musim Hujan

Tokoh · 22 Jul 2022 16:56 WIB

Draupadi Murmu, Mantan Guru dan Wanita Kedua yang Jadi Presiden India


 Droupadi Murmu baru terpilih sebagai Presiden India.(AP/Manish Swarup/CNN Indonesia/Bogordaily.net)  Perbesar

Droupadi Murmu baru terpilih sebagai Presiden India.(AP/Manish Swarup/CNN Indonesia/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Draupadi Murmu berhasil memenangkan pemungutan suara pemilihan presiden (Pilpres) di India. Murmu pun resmi menjabat sebagai Presiden India periode 2022-2027.

Murmu resmi menjadi presiden pribumi pertama India dan wanita kedua yang memegang jabatan tersebut. Wanita berusia 64 tahun itu lahir dari suku Santhal di Odisha pada 20 Juni 1958. Dia merupakan lulusan Ilmu Seni di Rama Devi Women’s College.

Ia menikah dengan Shyam Charan Murmu, seorang bankir, yang meninggal pada 2014. Pasangan ini memiliki dua putra yang sudah meninggal dunia dan seorang putri.

Dikutip CNN Indonesia, Murmu memulai karier dengan bekerja sebagai guru sebelum memasuki arena politik. Dia bekerja sebagai asisten profesor di Shri Aurobindo Integral Education and Research Institute, Rairangpurdan asisten junior di departemen irigasi Pemerintah Odisha.

Murmu kemudian bergabung dengan Partai Bharatiya Janata pada 1997 dan telah dua kali menjadi legislator pada tahun 2000 dan 2009.

Pada 2015 ia diangkat sebagai gubernur wanita pertama di negara bagian Jharkhand timur dan menjabat hingga Juli 2021.

Beberapa pihak melihat pemilihan presiden Murmu sebagai kemenangan atas aspirasi politik suku dan menjadi momen terobosan bagi masyarakat yang telah lama diabaikan dan dieksploitasi di bawah beberapa pemerintahan.

Murmu resmi terpilih sebagai Presiden India pada Kamis, 21 Juli 2022 setelah menang dalam pemungutan suara.

Dalam proses pemungutan suara, Murmu menang dengan meraih 64% suara mengalahkan pesaingnya Yashwant Sinha yang memperoleh 36% suara. Murmu akan menjabat sebagai Presiden India mulai 25 Juli mendatang seiring berakhirnya masa jabatan Presiden India saat ini Ram Nath Kovind.

Sebelumnya diberitakan India menyelenggarakan pemilihan presiden. Hasilnya, Draupadi Murmu resmi menjadi presiden pribumi pertama India dan wanita kedua yang memegang jabatan tersebut.

Pada proses pemungutan suara, Murmu menang dengan meraih 64% suara mengalahkan pesaingnya Yashwant Sinha yang memperoleh 36% suara. Ia mengantongi suara dari total 2.824 pemilih, termasuk 540 anggota parlemen. Sedangkan Sinha mendapat suara dari 1.877 pemilih termasuk 208 anggota parlemen dalam pemilihan.

Murmu mendapat suara maksimal dari Uttar Pradesh, Maharashtra dan Andhra Pradesh di antara negara bagian, sementara penghitungan Sinha adalah yang tertinggi di Benggala Barat dan Tamil Nadu.

Semua Anggota Majelis Legislatif (MLA) dari Andhra Pradesh dan Sikkim memberikan suara mendukung Murmu, sedangkan di Arunachal Pradesh dia mendapat suara dari semua legislator kecuali empat dan semua MLA kecuali satu di Nagaland.  Sinha tidak mendapatkan satu suara pun dari majelis di Andhra Pradesh, Nagaland dan Sikkim.

Murmu juga mendapat suara maksimum dari Anggota Parlemen dan paling sedikit di Kerala dan hanya mendapat satu suara.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Profil dan Biodata Evie Effendi, Ustaz Gaul dari Bandung

26 September 2022 - 09:02 WIB

Sosok Jenderal Li Qiaoming, Diduga Dalang Kudeta Xi Jinping

26 September 2022 - 06:29 WIB

Li Qiaoming

Sosok Tajudin Tabri, Pimpinan DPRD yang Viral Gegara Injak Sopir Truk

25 September 2022 - 16:25 WIB

Sosok Yosep Parera, Pengacara dan Youtuber yang Jadi Tersangka KPK

25 September 2022 - 11:35 WIB

Profil Dimas Drajad, Bomber Timnas Berpangkat Serda

24 September 2022 - 22:30 WIB

Profil Sudrajad Dimyati, Hakim Agung MA yang Jadi Tersangka KPK

23 September 2022 - 12:01 WIB

Trending di Tokoh