Thursday, 18 April 2024
HomeBeritaDraupadi Murmu Resmi Dilantik Jadi Presiden India

Draupadi Murmu Resmi Dilantik Jadi Presiden India

Bogordaily.net–  Setelah menang dalam pemungutan suara , 21 Juli 2022 lalu, resmi dilantik sebagai hari ini, Senin, 25 Juli 2022. Ia menjadi pribumi pertama yang menjadi .

“Saya memulai petualangan hidup saya dari desa pribumi kecil. Dari latar belakang saya, rasanya seperti mimpi bisa menempuh pendidikan dasar,” kata saat dilantik dan disumpah sebagai presiden di parlemen, dikutip CNN Indonesia dari AFP.

Namun meski menghadapi berbagai kesulitan, kata Murmu, motivasinya tetap kuat dan menjadi perempuan pertama di desanya untuk berkuliah. Murmu pun menyampaikan harapannya semoga kemenangan ini dapat memberikan harapan bagi kelompok terbelakang di .

“Saya sangat puas saat mengetahui mereka yang mengalami kesulitan selama berabad-abad, yang tak mendapatkan keuntungan dari perkembangan [], melihat refleksi mereka di saya,” ujar Murmu.

Sebelum disumpah, Murmu sempat mengunjungi tugu peringatan Mahatma Gandhi di New Delhi.

Sementara itu Murmu merupakan mantan guru dan pemimpin negara bagian Jharkhand. Ia memenangkan 64 persen suara dari parlemen , membuatnya terpilih menjadi presiden negara itu. Murmu berasal dari suku Santhal dan lahir di negara bagian Odisha.

Beberapa analis menilai terpilihnya Murmu bakal membuat Perdana Menteri Narendra Modi mendapatkan dukungan dari komunitas pribumi kala pemilihan umum 2024.

Ia menjadi perempuan kedua yang menjabat sebagai presiden di India, setelah Pratibha Patil. Murmu menggantikan Ram Nath Kovind, presiden kedua dari komunitas Dalit, yang berada di urutan bawah sistem kasta Hindu.

memiliki kekuasaan untuk menjadi Komando Tertinggi Angkatan Bersenjata India. Presiden memiliki kewenangan untuk mendeklarasikan perang dan perdamaian, tetapi dibatasi dengan hukum yang berlaku.

Tak hanya itu juga berhak menunjuk kepala angkatan darat, kepala angkatan laut, dan kepala angkatan udara negara itu. Namun, kewenangan eksekutif presiden membutuhkan bantuan dan nasihat dari Dewan Menteri India, yang diketuai oleh perdana menteri.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here