Friday, 29 March 2024
HomeKabupaten BogorDua Balon Ketua KNPI Kabupaten Bogor, Fuad dan Edi Adu Gagasan di...

Dua Balon Ketua KNPI Kabupaten Bogor, Fuad dan Edi Adu Gagasan di Markas Vinus

Bogordaily.net–  Dua dari empat bakal calon (balon) Ketua periode 2022-2025 beradu gagasan di hadapan pemuda di Lembaga Study Visi Nusantara (Vinus) Maju yang berlokasi di Jalan Perum Cibinong Endah, Kelurahan Sukahati, Kecamatan Cibinong, , Rabu, 27 Juli 2022 sore.

Dua balon yang beradu gagasan it yakni Fuad Kasyfurahman dan Edi Koswara. Sementara dua balon lainnya, yakni Domiri dan Wahyudi Chaniago berhalangan hadir.

Fuad Kasyfurahman dan Edi Koswara saling beradu gagasan di hadapan pemuda, mahasiswa dan juga Direktur Eksekutif Vinus Maju Ramdhan Nugraha, terkait dunia pendidikan. Keduanya pun memiliki pandangan berbeda soal pendidikan. Meski berbeda, keduanya diapresiasi oleh para pemuda yang hadir di acara tersebut.

Direktur Eksekutif Visi Nusantara Maju, Ramdhan Nugraha mengatakan, kegiatan ini sebetulnya forum diskusi publik. Tujuannya untuk menggambarkan gagasan dari  kandidat calon Ketua yang akan bertarung dalam waktu dekat.

“Kami mengundang tiga calon, tapi yang datang dua yaitu Kang Fuad dan Edkos (Edi Koswara). Di sini kami ingin tahu gagasan dari para calon seperti apa, karena kehadiran Vinus ini merupakan ruang terbuka bagi siapa pun, jadi para calon ini bebas menyampaikan gagasan apapun, terlebih soal kepemudaan,” kata Ramdhan Nugraha kepada Bogordaily.net, Rabu, 27 Juli 2022.

Pria yang akrab disapa Nunu ini menilai, bahwa  KNPI sekarang ini masih berada di tataran prosedural saja sebagai kelembagaan terusan dari pusat. Oleh sebab itu, perlu adanya ide-ide segar agar KNPI ini bisa lebih muncul, dan eksistensialismenya lebih terlihat.

“Selama ini bisa terbilang baik, tapi di sini pertanyaannya stagnansi itu harus bertahan, baiknya juga kan sangat normatif. Misalnya, pemerintah daerah memiliki sebuah mitra strategis di tingkat sipil itu bernama KNPI atau pemuda, untuk kemudian juga bisa berkontribusi ide menjadi sebuah kebijakan ditingkat Pemerintah Daerah, bisa menjadi Perbup yang bisa didorong oleh teman-teman KNPI dan muaranya harus kepentingan publik,” terangnya.

Termasuk, lanjut Nunu, soal kualitas SDM ini bisa merata, misalnya jumlah sekarang persentasenya lebih banyak di tingkat lulusan SMA, sedangkan industri butuhnya ijazah yang S-1 atau di luar dari ini mereka (para pemuda) ini memiliki kecakapan khusus seperti digital. “Jadi kesimpulannya KNPI ini jangan terlalu normatif,” ungkapnya.

Sementara itu, Bakal Calon Ketua DPD KNPI , Fuad Kasyfurahman menyampaikan terima kasih kepada Vinus yang sudah memfasilitasi kegiatan diskusi publik soal kepemudaan. Menurutnya ini adalah sebuah kolaborasi bahwa KNPI itu bukan hanya mitra pemerintah saja, tetapi bisa kolaborasi bersama dengan lembaga-lembaga seperti halnya dengan lembaga Vinus ini.

“Apalagi kan ini lembaga vinus lebih kepada pendidikan, jadi kita berkolaborasi bagaimana mengembangkan SDM di wilayah kita di DPD KNPI yang mungkin nanti ke depan kita bisa dorong apabila teman-teman memiliki kendala dalam dunia pendidikan, misalnya vinus selaku institusi untuk mendapat beasiswa. Jadi sampaikan terimakasih kepada vinus ini,” katanya.

Sementara itu Fuad maju sebagai balon ketua KNPI memiliki tagline pemuda bahagia dan tagline tersebut sudah dipaparkan di hadapan pemuda dan juga lembaga vinus.

“Tadi sudah kita jelaskan bagaimana kedepan SDM kita semakin meningkat dalam menjemput bonus demografi, kemudian kita juga bisa berkolaborasi dengan SDA yang ada di , sehingga Pemuda akan bahagia pada waktunya,” jelasnya.

Di tempat yang sama, bakal calon Ketua DPD KNPI lainnya, Edi Koswara mengatakan, bahwa di diskusi publik itu dirinya sudah menyampaikan visi misi kepada semua pemuda yang hadir. Kemudian, di pertemuan ini juga pada intinya terkait kepemudaan yang disampaikan oleh teman-teman pemuda ini ingin lebih diperhatikan dan lebih diperkuat oleh DPD KNPI.

“Jadi rata-rata para pemuda ini ingin lebih diperhatikan dan diperkuat oleh DPD KNPI. Secara struktural, fungsi dan kewenangannya adalah sebagai organisasi kepemudaan yang membidangi atau membawahi secara keseluruhan di ,” ujarnya.(Heri Supriatna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here