Friday, 26 April 2024
HomeTravellingDusun Semilir Eco Park, Tempat Wisata Instagramable

Dusun Semilir Eco Park, Tempat Wisata Instagramable

Bogordaily.net– Kota-kota di Jawa Tengah memiliki beragam tempat . Salah satunya Semarang. Di Ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini terdapat tempat populer bernama Dusun Semilir Eco Park.

Dusun Semilir bukan hanya menjual keindahan tempat wisatanya tetapi juga fasilitas yang ada didalamnya, sehingga ini menjadi salah satu favorit yang cocok dikunjungi bersama keluarga maupun teman. Ada berbagai spot foto yang sangat Instagramable.

Dilansir Your Say Suara.com artikel Dian Ashfi Furoida, tempat ini menyediakan berbagai fasilitas dan wahana yang menarik. Lokasi tempat ini berada di Jalan Soekarno – Hatta No.49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Kabupaten Semarang.

Di Dusun Semilir para pengunjung bisa menikmati berbagai spot foto yang menarik, wahana, restoran, dan penginapan dengan bentuk bangunan yang unik. Konsep yang disajikan di Dusun Semilir beragam, mulai dari air, permainan, foto, hingga wisata makanan. Wisata ini cocok untuk menjadi tempat refreshing akhir pekanmu.

Jika ingin berkunjung, wisata ini buka setiap hari sekitar pukul 09.30-20.00 WIB dengan harga tiket antara Rp20.000 – Rp45.000.

Nah, salah satu wahana yang unik dan banyak diburu wisatawan adalah perosotan raksasa warna-warni setinggi 40 meter dengan panjang lintasan mencapai 120 meter. Para pengunjung biasanya naik wahana tersebut sambil mengabadikannya dengan HP lalu mempostingnya di sosial media.

Wahana ini biasanya diburu oleh para remaja dan orang dewasa. Selain perosotan, terdapat wahana panahan, tembak-tembakan, JIP, sepeda listrik, hingga wisata omah suwung.

Wisata ini juga cocok bagi anak-anak karena tersedia wahana permainan mulai dari kereta, boom-boom car, dan playground yang cukup luas. Para pengunjung bisa bersenang-senang mencoba berbagai wahanan sambil menikmati live music yang disediakan disana. Live music di Dusun Semilir biasanya diiringi dengan musik angklung hingga saxophone.

Dusun Semilir terbagi dalam beberapa wilayah yang memiliki keunikan masing-masing. Pada bagian depan terdapat pusat souvenir yang diberi nama Warisan Indonesia. Para pengunjung bisa membeli berbagai souvenir sebagai oleh-oleh.

Dusun Semilir. (Dusunsemilir.com/Bogordaily.net)

Selain itu, terdapat restoran yang disebut Gunungan Resto yang menjual berbagai makanan modern. Ada pula tempat makan yang menjual berbagai makanan tardisional yaitu Sepoi-Sepoi Kuliner. Pengunjung juga bisa melihat berbagai jenis satwa mulai dari domba, burung, kelinci, dan satwa unik lainnya.

Pada area bawah terdapat Jalan Kenangan yang berisi banyak kedai makanan dan minuman. Area ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan di malam hari dari lampu-lampu hias yang terpasang.

Dusun Semilir. (Dusunsemilir.com/Bogordaily.net)

Kemudian di area tengah, pengunjung bisa duduk santai sambil menikmati konser atau pertunjukan yang menarik setiap akhir pekannya. Pengunjung juga akan melewati area yang disebut Alun Eropa. Di tempat ini, pengunjung bisa merasakan sensasi berada di Eropa langsung yang didukung dengan bentuk-bentuk bangunan dan suasana yang ada di dalamnya.

Keunikan yang membuat Dusun Semilir berbeda dari tempat wisata lainnya adalah bangunan utamanya. Ada bangunan mirip candi di area wisata. Masyarakat ada yang menyebut bangunan botol, bangunan yang mirip bawang, ataupun stupa.

Bangunan utama Dusun Semilir ini terinspirasi dari stupa di Candi Borobudur yang dipadukan dengan logo provinsi Jawa Tengah. Pada bangunan utama terdapat tujuh stupa dan kolam buatan yang membuatnya semakin estetik.***

(Riyaldi Suhud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here