Habiskan Rp450 Juta, Warga Sindang Barang Punya IPAL

Menu

Mode Gelap
Buntut Tragedi Stadion Kanjuruhan, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat Dicopot! Update Korban Tragedi Kanjuruhan: 174 Orang Meninggal Dunia Terbaru! Ini Lokasi Sim Keliling Kota Bogor, Jumat 30 Sepember 2022 Lagi! Kota Bogor Hujan Hari Ini, Jumat 30 September 2022 Melonjak Rp 10 ribu Per Gram, Cek Harga Emas Antam Hari Ini

Kabupaten Bogor · 24 Jul 2022 15:13 WIB

Habiskan Rp450 Juta, Warga Sindang Barang Pasir Eurih Punya IPAL


 Warga Kampung Sindang Barang Lestari kerja bakti membangun IPAL Komunal. (Heri/Bogordaily.net) Perbesar

Warga Kampung Sindang Barang Lestari kerja bakti membangun IPAL Komunal. (Heri/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Sejumlah warga di Kampung Sindang Barang Lestari, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal di lahan kosong milik warga yang ada di wilayahnya.

Nantinya, IPAL tersebut untuk melayani saluran rumah (SR) sebanyak 53 rumah di RT02, RW03. Kedepannya IPAL akan dikelola Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat (KPP) Desa Pasir Eurih.

Ketua KPP Desa Pasir Eurih, Rohmat mengatakan, pembangunan IPAL ini memang sangat diperlukan oleh warga, karena selama ini kotoran yang bersumber dari rumah tangga selalu di buang ke kali, sehingga perlu adanya solusi. Solusi tersebut lalu diajukan ke pemerintah hingga akhirnya terealisasi dengan memberi bantuan sebesar Rp450 juta dari anggaran APBD Kabupaten Bogor.

“Kalau penerima manfaat IPAL terbagi di tiga RT, yakni RT01, RT02 dan RT 03. IPAL ini nantinya di kelola oleh kami kelompok pemelihara dan pemanfaat (KPP) Desa Pasir Eurih,” kata Rohmat, Minggu, 24 Juli 2022.

Rohmat menjelaskan, IPAL di Kampung Sindang Barang, Desa Pasir Eurih ini dibangun di lahan milik warga dengan volume panjang 10 meter dan lebar 6 meter. Sedangkan kapasitasnya untuk 100 sambungan rumah, tetapi untuk sambungannya bertahap baru untuk 53 rumah yang terlayani.

“Tujuan dari IPAL komunal ini untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas sanitasi dan kebersihan lingkungan. Jadi yang biasanya masyarakat masih membuang limbah rumah tangga ke selokan, ke depan dapat disalurkan ke dalam IPAL ini,” jelasnya.

Dengan begitu, lanjut dia, derajat kesehatan masyarakat dapat meningkat serta mengurangi pencemaran bakteri e-coli yang dapat menimbulkan penyakit bagi masyarakat. Dia juga meminta kepada masyarakat yang telah diberikan bantuan IPAL agar bisa memanfaatkannya dengan semestinya.

“Saya mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Dan IPAL ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama,” pesannya. (Heri Supriatna)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Ridwan Muhibi Soroti Maraknya Gengster yang Meresahkan Masyarakat

3 Oktober 2022 - 19:20 WIB

maraknya gengster

Lihat Progres Pembangunan Jembatan Rawayan, Plt. Bupati Bogor Turun Langsung ke Desa Mekarjaya

3 Oktober 2022 - 16:20 WIB

pembangunan Jembatan Rawayan

Himpro BKI IUQI Bogor Berkunjung ke Pesantren Qotrunnada Depok

3 Oktober 2022 - 14:22 WIB

Mahasiswa IUQI Bogor: Keresahan Masyarakat Terhadap Gangster

3 Oktober 2022 - 14:17 WIB

Himpro BKI IUQI Gelar Diklat BKI 2022   

3 Oktober 2022 - 13:21 WIB

Jadwal Razia Operasi Zebra di Bogor: Awas Jangan Lupa Pakai Helm SNI

3 Oktober 2022 - 10:24 WIB

Trending di Kabupaten Bogor