Saturday, 20 April 2024
HomeKabupaten BogorHabiskan Rp450 Juta, Warga Sindang Barang Pasir Eurih Punya IPAL

Habiskan Rp450 Juta, Warga Sindang Barang Pasir Eurih Punya IPAL

Bogordaily.net–  Sejumlah warga di Kampung , Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah () Komunal di lahan kosong milik warga yang ada di wilayahnya.

Nantinya, tersebut untuk melayani saluran rumah (SR) sebanyak 53 rumah di RT02, RW03. Kedepannya akan dikelola Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat (KPP) Desa Pasir Eurih.

Ketua KPP Desa Pasir Eurih, Rohmat mengatakan, pembangunan ini memang sangat diperlukan oleh warga, karena selama ini kotoran yang bersumber dari rumah tangga selalu di buang ke kali, sehingga perlu adanya solusi. Solusi tersebut lalu diajukan ke pemerintah hingga akhirnya terealisasi dengan memberi bantuan sebesar Rp450 juta dari anggaran APBD Kabupaten Bogor.

“Kalau penerima manfaat terbagi di tiga RT, yakni RT01, RT02 dan RT 03. ini nantinya di kelola oleh kami kelompok pemelihara dan pemanfaat (KPP) Desa Pasir Eurih,” kata Rohmat, Minggu, 24 Juli 2022.

Rohmat menjelaskan, di Kampung Sindang Barang, Desa Pasir Eurih ini dibangun di lahan milik warga dengan volume panjang 10 meter dan lebar 6 meter. Sedangkan kapasitasnya untuk 100 sambungan rumah, tetapi untuk sambungannya bertahap baru untuk 53 rumah yang terlayani.

“Tujuan dari komunal ini untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas sanitasi dan kebersihan lingkungan. Jadi yang biasanya masyarakat masih membuang limbah rumah tangga ke selokan, ke depan dapat disalurkan ke dalam ini,” jelasnya.

Dengan begitu, lanjut dia, derajat kesehatan masyarakat dapat meningkat serta mengurangi pencemaran bakteri e-coli yang dapat menimbulkan penyakit bagi masyarakat. Dia juga meminta kepada masyarakat yang telah diberikan bantuan IPAL agar bisa memanfaatkannya dengan semestinya.

“Saya mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Dan IPAL ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama,” pesannya. (Heri Supriatna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here