Thursday, 2 May 2024
HomeEkonomiHarga Mie Instan Naik, Dampak Perang Rusia dan Ukraina?

Harga Mie Instan Naik, Dampak Perang Rusia dan Ukraina?

Bogordaily.net yang dilancarkan Rusia pada Ukraina mempengaruhi pasokan gandum ke seluruh dunia, yang merupakan bahan baku utama dalam membuat instan.

Untuk diketahui, sekitar 40% kebutuhan gandum dunia didatangkan dari kedua negara tersebut. Dengan demikian, perang kedua negara menghambat hampir separuh pasokan kebutuhan gandum bagi warga seluruh dunia.

Terlebih, beberapa negara eropa masih menolak pembelian komoditas dari Rusia sebagai hukuman atas kekejaman perang.

Dengan kondisi ini produksi dan distribusi gandum jadi terganggu. Pasokan yang melambat membuat stok gandum makin sedikit di tengah kebutuhan yang tetap bahkan cenderung melonjak.

Dengan demikian, harga gandum di pasar internasional pun akan naik. Imbasnya adalah kenaikan harga bahan pangan berbasis gandum di seluruh dunia, termasuk instan di Indonesia.

Dikutip dari Yoursay, kenaikan ini diprediksi bakal terjadi untuk semua merek instan. Mulai dari , Supermie, Sedap hingga Sarimi. Pantauan di situs e-commerce Tokopedia, Kamis 21 Juli 2022, harga mie instan berbagai merek masih berada di kisaran Rp2.500.

Sebagai contoh goreng instan kemasan 85 gram dijual dengan harga Rp2.700. Kemudian rasa soto Rp2.510.

Merek mie instan lainnya adalah Mie Sedap goreng kemasan 5 pax yang dijual Rp16.200, ayam bawang 69 gram Rp2.600, kemudian Mie ABC akan dijual Rp2.500 per bungkus.

Kendati prediksi kenaikan harga mie instan dilontarkan sejumlah pihak, kalangan produsen dan distributor belum mengkonfirmasi soal kenaikan ini.

Termasuk jika akan dinaikkan, seberapa besar kenaikannya. Namun, kenaikan itu tetap akan terjangkau oleh masyarakat pada umumnya.

Rusia kepada Ukraina juga sampai saat ini masih terus berlanjut. Total, serangan telah berlangsung sekitar lima bulan atau 150 hari.

Saat ini upaya rekonsiliasi konflik masih belum menampakkan hasil. Sebaliknya Rusia mendapatkan dukungan dari Iran sementara Ukraina tidak ingin perang berlangsung hingga musim dingin tahun ini.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here