Heboh Kasus ACT, DPR Buka Peluang Bentuk UU Charity

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian, Rabu 10 Agustus 2022 Profil Irjen Ferdy Sambo, Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J Kota Bogor Diramalkan Cerah Berawan, Rabu 10 Agustus 2022 E-KTP Jadi Syarat Beli Rokok? Terkini! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Selasa 9 Agustus 2022

Nasional · 5 Jul 2022 18:49 WIB

Heboh Kasus ACT, DPR Buka Peluang Bentuk UU Charity


 Sufmi Dasco Ahmad. (Bagaskara/Suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Sufmi Dasco Ahmad. (Bagaskara/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Heboh soal dugaan kasus penyelewangan dana umat di lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT)  menyedot perhatian DPR RI. Dewan Perwakilan Rakyat di Senayan itu pun membuka peluang untuk membentuk undang-undang tentang pengumpulan dana amal atau UU Charity

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan DPR bisa mengusulkan rancangan undang-undang tersebut apabila memang diperlukan aturan dan produk hukum.

“Kalau memang benar ya nanti diusulkan saja sebagai usulan Inisiatif DPR nanti dilihat naskah akademiknya kemudian nanti kami akan ajukan sesuai mekanisme yang ada di DPR,” kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, sebagaimana dilansir Suara.com, Selasa 5 Juli 2022.

Sebelumnya, anggota Komisi VIII DPR RI fraksi PKB, Maman Imanulhaq mengatakan momentum ramainya kasus yang melibatkan ACT tersebut memungkinkan DPR RI membuat Undang-Undang Pengumpulan Dana Amal atau UU Charity.

“Ini sebuah kezaliman yang nyata dan saya rasa DPR nanti akan membuat mengusulkan UU Pengumpulan Dana Amal seperti yang di Inggris.” kata Maman saat ditemui di gedung DPR, siang tadi.

Ia menilai adanya kasus dugaan penyalahgunaan dana bantuan yang diduga dilakukan  ACT untuk memfasilitasi kehidupan mewah pimpinan lembaga tersebut, akan membuka fenomena gunung es.

“Kasus ACT ini sesungguhnya akan membuka semacam fenomena gunung es adanya lembaga-lembaga yang mengatasnamakan kemanusiaan bahkan keagamaan untuk lalu menguras dana daripada donasi yang memang ingin berbuat kebaikan,” kata Maman.

Menurutnya, jika memang kasus dugaan tersebut terbukti, hal itu dinilai telah mencederai nilai-nilai kemanusiaan. Ia menilai jika dana kemanusiaan diselewengkan merupakan bentuk kezaliman.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

PLN Beri Bantuan Sambungan Listrik ke 77 Keluarga Kurang Mampu

10 Agustus 2022 - 12:41 WIB

sambungan listrik Keluarga Kurang Mampu

Heboh! Pasutri di Gianyar Jual Video Porno

10 Agustus 2022 - 12:17 WIB

pasutri gianyar

Kenali 4 Ciri Seseorang yang Perfeksionis

10 Agustus 2022 - 11:51 WIB

Perfeksionis

DKI Tempati Peringkat Atas Kasus Konfirmasi Covid-19

10 Agustus 2022 - 11:29 WIB

DKI Peringkat Atas Covid-19

Mahfud MD Sebut Motif Pembunuhan Brigadir J Hanya Boleh Didengar Orang Dewasa

10 Agustus 2022 - 08:20 WIB

Namanya Terseret Kasus Brigadir J, Fahmi Alamsyah Mundur dari Penasihat Kapolri

10 Agustus 2022 - 08:15 WIB

Trending di Nasional