Tuesday, 7 May 2024
HomeBeritaImbas Negara Bangkrut, Rumah Presiden Sri Lanka Digeruduk

Imbas Negara Bangkrut, Rumah Presiden Sri Lanka Digeruduk

Bogordaily.net– Rumah Presiden diserbu ribuan pengunjuk rasa. Mereka menerobos kediaman Rajaksa setelah melewati barikade polisi, Sabtu, 9 Juli 2022.

Dilansir CNN Indonesia dari CNN, siaran video yang beredar di media sosial dan televisi nasional memperlihatkan para demonstran memasuki rumah sekaligus kantor Rajapaksa di ibu kota.

Mereka memadati ruang yang berada di dalam gedung juga menggantung spanduk dan pakaian dalam dari balkon sebagai bentuk protes. Beberapa demonstran bahkan terlihat berenang bebas di kolam milik presiden.

Salah seorang pejabat keamanan presiden memastikan bahwa Rajapaksa sedang tidak berada di lokasi saat rumah presiden itu digeruduk massa. Ia telah dipindahkan ke tempat lain.

Akibat insiden tersebut, sekitar 31 orang, termasuk dua polisi terluka dan dirawat di Rumah Sakit Nasional (NHSL). Polisi menyebutkan dua orang berada dalam kondisi kritis akibat terluka dalam aksi itu.

Pada hari yang sama, ratusan demonstran pergi membakar rumah Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe.

“Pemrotes menerobos masuk ke rumah pribadi PM Ranil Wickremesinghe dan membakarnya,” tulis kantor PM dalam pernyataan yang dikutip AFP.

Pembakaran terjadi tak lama setelah Wickremesinghe menyatakan kesiapannya untuk melepaskan jabatannya demi membuka jalan pembentukan pemerintahan baru.

Wickremesinghe mendeklarasikan siap mundur saat massa menduduki rumah Rajapaksa. Ketidakpuasan publik terhadap Pemerintahan semakin mencuat dalam beberapa pekan terakhir. Kondisi ini dipicu oleh kondisi negara telah bangkrut.

Protes masyarakat selama berbulan-bulan untuk menghentikan dinasti politik Rajapaksa masih berlangsung hingga saat ini. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here