Imtihanussanah MDT Al Haya Berlangsung Meriah

Menu

Mode Gelap
Breaking News: Gempa M 6,4 Guncang Garut Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam

Kabupaten Bogor · 5 Jul 2022 15:56 WIB

Imtihanussanah MDT Al Haya Berlangsung Meriah


 Salah Satu Peserta yang Ikut Lomba Imtihanussanah MDT Al Haya. (istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

Salah Satu Peserta yang Ikut Lomba Imtihanussanah MDT Al Haya. (istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Al Haya yang berlokasi di Desa Pabangbon Kecamatan Leuwiliang menggelar acara imtihanussanah atau kegiatan samenan. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai ajang menguji kemampuan siswa untuk tampil membawakan materi pembelajaran yang telah dilalui serta menampilkan beberapa kreativitas santri diniyah.

“Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Al-Haya hadir ditengah Masyarakat Desa Pabangbon sebagai sarana pendidikan non formal berbasis keislaman, dalam mempersiapkan generasi Islami kedepan, “ kata Kepala MDT Al-Haya H. Ade Irawan, S. Sos. MM disela-sela kegiatan Imtihanussanah.

“MDT Al Haya ini merupakan pendidikan berbasis agama, cara ini memang non formal, ini diselenggarakan setelah anak anak pulang sekolah. Madrasah diniyah ini dibentuk salah satunya itu untuk mengisi kekurangan pelajaran agama disekolah umum, untuk waktu memang ada perbedaan, karena sifatnya ada ula dan wusto. Jadi untuk yang dasar itu untuk usia SD, cuma emang diselenggarakan diluar jam sekolah,” beber dia.

Lebih lanjut H. Ade Irawan, S.Sos, MM mengungkapkan, untuk kegiatan imtihanussanah tahun ini berjumlah 43 orang. “Hari ini keseluruhan siswi-siswinya empat puluh lima orang dari kelas A, B dan C targetan utama muatannyadi pendidikan agama. Minimal mereka menjaga solatnya, ibadah hariannya, baca tulis Al-Qur’annya serta sejarah keagamaan Islamnya,”harap pria yang juga aktivis Pendidikan ini.

Untuk jumlah tenaga pendidik, sambung Ade, ada lima orang dan memang para siswa yang bersekolah kesini hanya yang ada di RW 02 saja, sebenarnya yang dari luar mau bergabung atau bersekolah ke Madarsah diniyah ini tapi secara fasilitas terbatas karena belum ada ruang kelas yang memadai.

“Kami terkendala ruang belajar, dengan jumlah ini saja kami agak kesulitan karena harus berbagi kelas. Satu local dibagi tiga kelas. Semoga tahun ini, terbangun 3 lokal,” pungkasnya.

Dengan adanya tempat pendidikan Islam MDT Al-Haya, bagi anak-anak Kampung Pabangbon diapresiasi oleh Kepala Desa Pabangbon Endang Rohendi yang saat itu hadir ditempat kegiatan Imtihanussanah.

“Alhamdulilah dari pihak desa sangat mengapresiasi kepada pimpinan yayasan diniyah Al-Haya, saya sebagai pemerintah desa sangat berterima kasih, karena manfaat dari yayasan ini anak-anak desa pabangbon untuk generasi kedepannya mengutamakan pendidikan agama. Sehingga anak-anak warga bisa bersekolah dengan dekat,” jelasnya.***

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Kronologis Mayat Bayi di Kali Poncol Cibinong

7 Desember 2022 - 01:03 WIB

Jelang Tahun Baru, Harga Cabai Rawit di Pasar Bojong Gede Naik

6 Desember 2022 - 22:34 WIB

KASAU Tinjau Pelaksanaan Kejurnas Terjun Payung di Lanud Ats

6 Desember 2022 - 20:16 WIB

Polisi Bongkar Kasus TPPO Modus Agensi TKW di Parung Panjang, Empat Orang Berhasil Diselamatkan

6 Desember 2022 - 19:49 WIB

PN Cibinong Bongkar Tiga Bangunan di Kemang

6 Desember 2022 - 15:21 WIB

Polisi Bubarkan Pelajar yang Hendak Tawuran di Pondok Rajeg

6 Desember 2022 - 13:14 WIB

Pelajar Tawuran Pondok Rajeg
Trending di Kabupaten Bogor