Tuesday, 30 April 2024
HomeTravellingIndahnya Pesona Goa Hawang dan Kisah yang Melegenda

Indahnya Pesona Goa Hawang dan Kisah yang Melegenda

Bogordaily.net–  Indonesia memiliki destinasi alam yang menakjubkan. Salah satunya Hawang atau Lian Hawang. yang memiliki air jernih dan memanjakan mata ini terletak di Pulau Kei Kecil, lebih tepatnya berada di Desa Letvuan atau berjarak sekitar 15 km dari Langgur, Ibu Kota Maluku Tenggara.

Dilansir dari laman Malukutenggarakab.go.id, Hawang menawarkan keindahan karena dikelilingi hutan. Pesonanya memanjakan mata dengan stalagtit dan stalagmit yang menghiasi atap dindingnya.

Selain pesona menawannya, Hawang menyimpan kisah mistik yang melegenda dalam masyarakat Kei. Pada pintu masuk terdapat beberapa buah batu yang melambangkan seorang pria memegang tombak bersama dua ekor anjingnya. Nama Hawang dalam bahasa masyarakat setempat adalah setan atau hantu.

Nah untuk sampai ke dalam , wisatawan harus menelusuri beberapa meter jalan setapak yang menurun. Meski sedikit lelah, tetapi akan terbayar dengan kesejukan di mulut Hawang. Air kolamnya jernih memberikan rasa ketentraman tersendiri.

Begitu pula saat tiba di bebatuan besar yang tampak terukir alami, menggantung di mulut dan berbentuk seperti ujung tombak. Berbalut pantulan sinar matahari indah menyambar dinding goa menambah daya tarik goa yang sangat indah.

Goa Hawang. (Instagram/@goahawangid repost @rifkysetya/Bogordaily.net)

Goa ini memiliki lantai yang sepenuhnya adalah air atau kolam. Airnya sangat jernih sehingga wisatawan bisa langsung melihat dasar goa. Tak hanya itu wisatawan juga biasanya memilih langsung berenang atau menyelam lantaran airnya yang sangat sejuk.

Pelataran atau mulut goa menjadi tempat favorit untuk berenang. Ketika berada di dalam air wisatawan bisa melihat dengan jelas dasar kolam maupun objek di luar kolam, kejernihannya bahkan seperti kaca bening.

Sementara itu air Goa Hawang berasal dari sungai bawah tanah yang terhubung langsung dengan Mata Air Evu yang merupakan sumber mata air terbesar di Kepulauan Kei. Objek ini terdiri dari dua buah goa yang berjarak sekitar 15 meter yang dihubungkan oleh sungai bawah tanah.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here