Indahnya Pesona Desa Wisata Nagari Pariangan

Menu

Mode Gelap
Breaking News: Gempa M6,4 Guncang Garut Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam

Wisata · 7 Jul 2022 20:46 WIB

Indahnya Pesona Nagari Pariangan, Desa Wisata yang Disebut Terindah di Dunia


 Ilustrasi tempat wisaya. Desa Wisata Nagari Pariangan. (Kemenparekraf.go.id/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi tempat wisaya. Desa Wisata Nagari Pariangan. (Kemenparekraf.go.id/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Sumatra Barat memiliki beragam destinasi wisata. Salah satunya Desa Wisata Nagari Pariangan yang berlokasi di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno bahkan mempersiapkan Desa Wisata Nagari Pariangan untuk menjadi destinasi wisata yang berkualitas dan berkelanjutan dalam rangka menyambut Visit Sumatra Barat 2023.

Dalam kunjungan ke Desa Wisata Nagari Pariangan pada Rabu 6 Juli 2022, Sandiaga mengatakan dalam menyambut Visit Sumatra Barat Year 2023 ada sejumlah event besar yang akan dilaksanakan di “Ranah Minang”, seperti Muktamar Ulama Sedunia dan World Islamic Eonomic Forum.

Sehingga, kata Sandiaga, Sumatra Barat harus menghadirkan destinasi wisata yang berkualitas dan berkelanjutan, salah satunya Desa Wisata Pariangan.

“Untuk kesiapan event yang sangat besar, kita juga harus menyiapkan destinasi-destinasi berkualitas dan berkelanjutan,” kata Sandiaga dikutip dari Kemenparekraf.go.id, Kamis, 7 Juli 2022.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin saat mengunjungi Desa Wisata Nagari Pariangan. (Kemenparekraf.go.id/Bogordaily.net)

Sementara itu Desa Wisata Nagari Pariangan merupakan salah satu dari 50 besar desa wisata yang terpilih di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Desa ini terletak di Lereng Gunung Marapi pada ketinggian sekitar 500-700 meter, tepatnya di Kecamatan Pariangan yang berjarak sekitar 95 kilometer dari Kota Padang, dan 35 kilometer dari Kota Bukittinggi.

Di lokasi tersebut menawarkan pemandangan hijau berupa hamparan terasering sawah serta hawa udaranya yang sejuk. Bahkan, desa ini dijuluki sebagai desa terindah di dunia.

Desa ini juga memiliki berbagai potensi wisata budaya, seni, dan kuliner seperti tari piriang dan seni musik talempong pacik, saluang, kuliner dakak-dakak, dan kopi kawa daun yaitu minuman yang terbuat dari daun kopi.

Kemudian Sandiaga pun mengajak masyarakat setempat beserta pihak-pihak terkait untuk memperkuat potensi wisata di sana melalui pengembangan pariwisata berbasis komunitas.

“Masyarakatlah yang akan mengelola, membina, membimbing, dan membawa peluang ekonomi sehingga terciptalah lapangan kerja. Kami di pemerintah mulai dari kabupaten, provinsi hingga pemerintah pusat memfasilitasi dan dengan begitu ini (pengelolaan wisata Pariangan) sangat membumi, karena pelakunya adalah masyarakat sendiri,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah mengatakan untuk menambah minat wisatawan berkunjung ke Pariangan, masyarakat setempat harus menjaga kebersihan serta menyambut kedatangan wisatawan dengan sikap ramah dan bersahabat. “Ayo kita jaga kebersihan, ayo kita tingkatkan keramahtamahan, dan bangun kebersamaan memajukan Nagari Pariangan,” kata Mahyeldi.***

 
Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Chillax Resmi Dibuka, Tongkrongan ala Eropa di Selatan Jakarta

1 Desember 2022 - 20:45 WIB

Jadi Lokasi Pernikahan Kaesang dan Erina, Ini Sejarah Pura Mangkunegaran

1 Desember 2022 - 11:54 WIB

Candi Jiwa Karawang, Wisata Sejarah di Jawa Barat: Lokasi dan Rute

30 November 2022 - 12:33 WIB

Siap-Siap, Bali Bakal Jadi Wisata Kesehatan

29 November 2022 - 23:02 WIB

Review Wisata Anak Kuntum Farmfield Bogor, Lokasi dan Harga Tiket Masuk

28 November 2022 - 22:53 WIB

Kuntum Farmfield

Mau Liburan Bareng Keluarga? Ke Marcopolo Water Adventure Aja!

27 November 2022 - 21:51 WIB

Trending di Wisata