Monday, 29 April 2024
HomeKabupaten BogorIni Respon Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto Terkait Kelangsungan Program Samisade

Ini Respon Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto Terkait Kelangsungan Program Samisade

Bogordaily.net–  Banyaknya Aspirasi serta harapan dari sejumlah Kepala Desa (Kades) yang meminta program satu miliar satu desa (Samisade) Pemkab Bogor dapat dilanjutkan pada tahun 2022 mendapat respons , .

Menurutnya, DPRD tentu sangat mendukung Program Bantuan Keuangan Infrastruktur Desa tetap bisa dilanjutkan. Hal ini diperlukan guna adanya akselerasi pembangunan di setiap desa.

“Namun dengan catatan, Perbup terkait bantuan keuangan infrastruktur desa nya direvisi dan disempurnakan lagi, agar sesuai dengan tujuan program tersebut. Sehingga percepatan pembangunan di desa dapat berjalan dengan baik dan dari aspek legal formal juga sesuai kaidah atau peratutan hukum yang berlaku,” kata , Jumat, 8 Juli 2022.

Lanjut, Politisi Gerindra itu memaparkan, Eksekutif sudah membahas bersama legislatif dan sudah menganggarkan melalui APBD tahun 2022 untuk .

Sementara, saat kemarin laporan pertanggungjawaban Bupati TA 2021 kita melihat banyak kelemahan. Yang pertama ialah payung hukum, itu terkait Perbup Nomor 83 sudah dirubah menjadi Perbup Nomor 100, terkait bantuan keuangan infrastruktur desa,” imbuhnya.

“Kita akhirnya merekomendasikan kepada Pemkab, pertama kita menghendaki tetap dilaksanakan dengan catatan benahi dulu payung hukum. Kemudian rapihkan dulu laporan pertanggungjawaban (LPJ) dari masing masing desa yang menggunakan anggaran Samisade,” jelasnya.

Selain itu, dia juga menyampaikan, niatannya baik membangun supaya percepatan pembangunan melalui Samisade, tapi karena LPJnya tidak baik, akhirnya menjadi boomerang. “Kita tidak mau adanya permasalahan baru yang muncul,” pungkasnya.

Sebagai informasi, telah dilaksanakan dari tahun 2021 lalu. Saat itu, Pemkab Bogor mengalokasikan Rp372 miliar untuk 413 desa. Sedangkan di tahun 2022 alokasi meningkat menjadi Rp395 miliar untuk 415 desa. Sementara rencananya, alokasi anggaran Samisade untuk tahun 2023 semakin ditingkatkan menjadi Rp416 miliar untuk 416 desa.

(Albin Pandita)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here