Jadi Favorit Wisatawan, Pantai Papuma Surga Tersembunyi di Jember

Menu

Mode Gelap
FIFA Resmi Umumkan Jadwal Kick-off Piala Dunia 2022 Dimajukan Hari Ini Harga Emas Antam Turun Rp 5.000 Per Gram Diserang Kelompok ADF, 800 Napi Penjara di Kongo Timur Kabur Jangan Telat Perpanjang Sim, Cek di Sini Lokasinya! Bupati Pemalang Terjaring OTT KPK

Wisata · 4 Jul 2022 22:41 WIB

Jadi Favorit Wisatawan, Pantai Papuma Surga Tersembunyi di Jember


 Keindahan Eksotis Pantai Papuma di Jember. (tribun/Bogordaily.net) Perbesar

Keindahan Eksotis Pantai Papuma di Jember. (tribun/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Bertamasya ke Jawa Timur, tepatnya Jember, ada sebuah pantai yang menjadi tempat wisata paling favorit bagi para wisatawan yang datang ke kota tembakau tersebut. Temapat wisata yang jadi favorit yakni, Pantai Papuma surga tersembunyi di Jember.

Pantai Papuma merupakan akronim dari Pantai Pasir Putih Malikan atau bisa juga disebut dengan nama Tanjung Papuma. Pantai ini berada di belakang sebuah bukit, sehingga dapat dipastikan memiliki alam yang luar biasa indahnya.

Keindahan yang dimilikinya bahkan disandingkan dengan Raja Ampat, Papua. Karena di sepanjang pantainya terdapat bebatuan karang dengan ukuran yang beragam.

Pantai ini sempat ditutup untuk mencegah penyebaran covid-19, namun saat ini sudah dibuka kembali, namun tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan.

Keseruan pertama yang dapat kamu lakukan ialah dengan bersantai dan menikmati panorama alam yang terbentang dengan luasnya.

Jika cuaca mendukung, birunya langit berpadu dengan birunya laut serta hamparan pasir putih yang lembut. Kamu dapat bermain air di sekitar pantai dan jangan lewatkan untuk bermain pasirnya juga, anak-anak pasti akan sangat menyukainya.

Lokasi pantai di sebelah barat jauh lebih sepi, namun pasir putihnya berpadu dengan bebatuan yang tersebar dengan berbagai ukuran. Ombak di sekitar Pantai Papuma cukup deras, apalagi jika sedang musim hujan.

Menikmati keindahan alam di Pantai Papuma dapat juga dinikmati dari ketinggian, yakni dengan mengunjungi ke puncak bukitnya yang bernama Siti Hinggil Papuma.

Terdapat gazebo atau saung sederhana untuk kamu bersantai dan menikmati alamnya. Akan tampak beberapa batuan karang di tengah lautan.

Konon katanya batuan tersebut dapat berubah posisi seiring hembusan angin dan deburan ombaknya. Itulah yang mendasari penamaan dari pantai ini, dimana Malikan artinya “berbalik”.

Untuk kamu para pecinta alam sejati, Pantai Papuma menyediakan tempat untuk mendirikan tenda dan bermalam dengan ditemani deburan ombak sepanjang malam.

Pengalaman camping di atas hamparan pasir merupakan keseruan tersendiri, apalagi kegiatan camping kamu diiringi dengan berbagai kegiatan yang seru.

Lokasi Pantai Papuma Jember

Pantai Papuma Jember masih dalam satu rangkaian dengan pantai selatan. Lokasi tepatnya berada di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember.

Dari kota Jember, perjalanan membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Rute Menuju Pantai Papuma

Rute menuju Pantai Papuma dari arah Jember, ketika berada di perempatan Mangli belok ke arah kiri terus lurus ketika bertemu pertigaan Ajung.

Teruslah lajukan kendaraanmu hingga menemukan pintu masuk menuju Pantai Papuma. Pintu masuknya berada di sebelah kanan jalan.

Sudah banyak petunjuk jalan yang akan mengarahkanmu, sehingga kamu ngga usah khawatir kesasar. Setelah memasuki gerbang tersebut, jalanan mulai menyempit dengan kondisi jalan yang masih berlubang.

Terus saja ikuti jalan tersebut, dengan suasana pepohonan yang rindang. Loket masuk Pantai Papuma berada di sebelah kanan.

Perjalanan belum berhenti sampai disitu, kamu masih harus melanjutkan perjalanan yang dipenuhi tanjakan serta turunan yang cukup ekstrim.

Rute menuju Pantai Papuma dapat melalui jalur ke arah Pantai Watu Ulo juga, namun kamu akan dikenakan biaya dua kali yakni ketika memasuki Pantai Watu Ulo dan Pantai Papuma.

Jam Buka Pantai Papuma

Jam operasional Pantai Papuma dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam nonstop.

Namun mengingat akses jalannya yang cukup berliku dan dipenuhi tanjakan serta turunan ditambah lagi lampu penerangan jalan belum memadai, sebaiknya kamu datang ketika matahari tengah bersinar.

Tiket Pantai Papuma

  • Tiket masuk Pantai Papuma dengan membayar sebesar Rp. 25.000,- per orang
  • Biaya parkir mobil sebesar Rp. 10.000,- dan motor sebesar Rp. 5.000,- per unitnya.*
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Kaya Akan Destinasi Wisata, Air Terjun Tirta Buana Bali Jadi Buruan Para Turis

13 Agustus 2022 - 09:51 WIB

Air Terjun Tirta Buana Bali

Perosotan Seru di Rainbow Slide Lembang, Ini Harga Tiket Masuk dan Lokasinya

12 Agustus 2022 - 21:37 WIB

Harga Tiket Rainbow Slide Lembang

Ulasan Lengkap, Harga Tiket, Jam dan Fasilitas Taman Fathan Hambalang Bogor

12 Agustus 2022 - 16:49 WIB

Indahnya, Destinasi Wisata Khusus Muslim di Australia, Ada Istana dan Berlimpah Makanan Halal

11 Agustus 2022 - 16:49 WIB

Atlas Beach Fest, Tempat Mewah Menikmati Pantai Indah di Bali

11 Agustus 2022 - 15:01 WIB

Pemerintah Bangun Sarana Wisata Skala Internasional di Labuan Bajo

11 Agustus 2022 - 06:18 WIB

Sarana Wisata Labuan Bajo
Trending di Wisata