Friday, 26 April 2024
HomeTravellingJadi Favorit Wisatawan, Pantai Papuma Surga Tersembunyi di Jember

Jadi Favorit Wisatawan, Pantai Papuma Surga Tersembunyi di Jember

Bogordaily.net – Bertamasya ke Jawa Timur, tepatnya , ada sebuah yang menjadi tempat wisata paling favorit bagi para wisatawan yang datang ke kota tembakau tersebut. Temapat wisata yang jadi favorit yakni, Papuma surga tersembunyi di .

Papuma merupakan akronim dari Pantai Pasir Putih Malikan atau bisa juga disebut dengan nama Tanjung Papuma. Pantai ini berada di belakang sebuah bukit, sehingga dapat dipastikan memiliki alam yang luar biasa indahnya.

Keindahan yang dimilikinya bahkan disandingkan dengan Raja Ampat, Papua. Karena di sepanjang pantainya terdapat bebatuan karang dengan ukuran yang beragam.

Pantai ini sempat ditutup untuk mencegah penyebaran covid-19, namun saat ini sudah dibuka kembali, namun tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan.

Keseruan pertama yang dapat kamu lakukan ialah dengan bersantai dan menikmati panorama alam yang terbentang dengan luasnya.

Jika cuaca mendukung, birunya langit berpadu dengan birunya laut serta hamparan pasir putih yang lembut. Kamu dapat bermain air di sekitar pantai dan jangan lewatkan untuk bermain pasirnya juga, anak-anak pasti akan sangat menyukainya.

Lokasi pantai di sebelah barat jauh lebih sepi, namun pasir putihnya berpadu dengan bebatuan yang tersebar dengan berbagai ukuran. Ombak di sekitar Pantai Papuma cukup deras, apalagi jika sedang musim hujan.

Menikmati keindahan alam di Pantai Papuma dapat juga dinikmati dari ketinggian, yakni dengan mengunjungi ke puncak bukitnya yang bernama Siti Hinggil Papuma.

Terdapat gazebo atau saung sederhana untuk kamu bersantai dan menikmati alamnya. Akan tampak beberapa batuan karang di tengah lautan.

Konon katanya batuan tersebut dapat berubah posisi seiring hembusan angin dan deburan ombaknya. Itulah yang mendasari penamaan dari pantai ini, dimana Malikan artinya “berbalik”.

Untuk kamu para pecinta alam sejati, Pantai Papuma menyediakan tempat untuk mendirikan tenda dan bermalam dengan ditemani deburan ombak sepanjang malam.

Pengalaman camping di atas hamparan pasir merupakan keseruan tersendiri, apalagi kegiatan camping kamu diiringi dengan berbagai kegiatan yang seru.

Lokasi Pantai Papuma

Pantai Papuma masih dalam satu rangkaian dengan pantai selatan. Lokasi tepatnya berada di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten .

Dari kota , perjalanan membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Rute Menuju Pantai Papuma

Rute menuju Pantai Papuma dari arah , ketika berada di perempatan Mangli belok ke arah kiri terus lurus ketika bertemu pertigaan Ajung.

Teruslah lajukan kendaraanmu hingga menemukan pintu masuk menuju Pantai Papuma. Pintu masuknya berada di sebelah kanan jalan.

Sudah banyak petunjuk jalan yang akan mengarahkanmu, sehingga kamu ngga usah khawatir kesasar. Setelah memasuki gerbang tersebut, jalanan mulai menyempit dengan kondisi jalan yang masih berlubang.

Terus saja ikuti jalan tersebut, dengan suasana pepohonan yang rindang. Loket masuk Pantai Papuma berada di sebelah kanan.

Perjalanan belum berhenti sampai disitu, kamu masih harus melanjutkan perjalanan yang dipenuhi tanjakan serta turunan yang cukup ekstrim.

Rute menuju Pantai Papuma dapat melalui jalur ke arah Pantai Watu Ulo juga, namun kamu akan dikenakan biaya dua kali yakni ketika memasuki Pantai Watu Ulo dan Pantai Papuma.

Jam Buka Pantai Papuma

Jam operasional Pantai Papuma dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam nonstop.

Namun mengingat akses jalannya yang cukup berliku dan dipenuhi tanjakan serta turunan ditambah lagi lampu penerangan jalan belum memadai, sebaiknya kamu datang ketika matahari tengah bersinar.

Tiket Pantai Papuma

  • Tiket masuk Pantai Papuma dengan membayar sebesar Rp. 25.000,- per orang
  • Biaya parkir mobil sebesar Rp. 10.000,- dan motor sebesar Rp. 5.000,- per unitnya.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here