Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaJamaah Haji Indonesia Pasrah, Batal Bawa Oleh-Oleh ke Tanah Air

Jamaah Haji Indonesia Pasrah, Batal Bawa Oleh-Oleh ke Tanah Air

Bogordaily.net– Jamaah Indonesia kedapatan membawa tas dan barang bawaan di luar ketentuan yang berlaku saat pulang ke Tanah Air. Nah, para jamaah   terpaksa meninggalkan sejumlah oleh-oleh yang sudah dibeli untuk keluarga lantaran ketahuan saat diperiksa petugas.

Untuk diketahui, jamaah hanya boleh membawa satu tas berisi barang seberat 32 Kg dan satu tas jinjing kecil ke kabin pesawat.

Meski demikian , masih banyak jemaah yang hendak masuk pesawat membawa banyak barang bawaan. Pemandangan ini terlihat di paviliun Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Jumat 15 Juli 2022 pukul 05.10 WAS.

Sejumlah jamaah pun tak bisa menyembunyikan kesedihan mereka, karena oleh-oleh yang sudah mereka beli, tak bisa terbawa ke Tanah Air. Ada juga jemaah yang akhirnya harus memakai baju berlapis-lapis, mengalungkan kain ihram dan sajadah di lehernya, demi oleh-oleh bisa terbawa.

“Sedih saya, aturan soal barang bawaan tidak ada kelonggaran. Terpaksa banyak yang ditinggalkan. Padahal sudah dibeli sebagai oleh-oleh untuk keluarga,” ujar Endang, jamaah SOC 1, dikutip dari Suara.com.

Sulastri, jamaah SOC 2 juga merasakan hal yang sama. Ia harus meninggalkan beberapa pakaian, sandal, peralatan mandi, sajadah dan makanan yang dibelinya di tanah suci, karena tidak bisa dibawa dalam tas tentengan lainnya. Ia bahkan harus meninggalkan tas yang ia beli di Tanah Suci.

“Tidak boleh bawa tas lain. Padahal saya beli tas ini pun di sini, ya terpaksa ditinggal,” ucapnya.

Sebelumnya, Plh Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Wawan Djunaedi l mengingatkan jemaaah untuk memperhatikan ketentuan-ketentuan barang yang akan dan bisa dibawa.

“Jamaah reguler berhak membawa tas bagasi tercatat yang dapat diisi maksimal 32 kg, kecuali jemaah dari embarkasi Surabaya yang tas bagasinya hanya dapat diisi maksimal 28kg. Selain itu, jemaah juga membawa tas tenteng yang dapat diisi maksimal 7 kg dan tas paspor,” ujar Wawan dalam keterangan pers di Asrama Pondok Gede, Jakarta, Selasa 12 Juli 2022 lalu.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here