Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaJamaah Haji Kloter Terakhir Bakal Dilepas Menag Yaqut di Madinah

Jamaah Haji Kloter Terakhir Bakal Dilepas Menag Yaqut di Madinah

Bogordaily.net– Kloter terakhir dijadwalkan berangkat dari Madinah ke Tanah Air pada 13 Agustus 2022 mendatang. Rencananya, Yaqut Cholil Qoumas melepas Indonesia kloter terakhir di Madinah, Arab Saudi.

“(13 Agustus) itu menjadi penerbangan terakhir. Insya Allah akan berada di Tanah Suci kembali untuk untuk melepas jemaah kloter terakhir,” ujar Juru Bicara PPIH Arab Saudi Akhmad Fauzin di Bandara King Abdulaziz, Jeddah, Arab Saudi, dikutip Suara.com.

Gelombang kedua asal Indonesia bakal menuju Madinah sekitar 21 Juli 2022 dan kloter terakhir penerbangan dijadwalkan pada 13 Agustus 2022.

Sebelumnya, Yaqut selaku Amirul Hajj bertolak dari Bandara Jeddah menuju Bandara Soekarno-Hatta setelah mengawal penyelenggaraan hingga melalui puncaknya di Arafah, Muzdalifah dan Mina.

“Hari ini (Minggu) sebagian sudah (pulang), sebagian ikut Gus Menteri dan ada yang hari berikutnya,” kata Kepala Biro Humas Data dan Informasi (HDI) Kementerian Agama itu.

Menag bakal melaporkan seluruh kegiatan penyelenggaraan ibadah 2022 ini kepada Presiden Jokowi (Joko Widodo). Hampir seluruh jemaah dinilai puas terhadap penyelenggaraan tahun ini.

“Otomatis menteri akan segera menyampaikan dan melaporkan seluruh penyelenggaraan kegiatan ibadah ini kepada presiden atau pemerintah,” ujar Akhmad Fauzin.

Akhmad Fauzin menjelaskan, penyelenggaraan ibadah 2022 dalam kondisi yang spesial. Selain akbar, seluruh kegiatan spesial karena terlaksana dengan sangat baik.

“Hampir seluruh jamaah menyatakan sangat puas terhadap penyelenggaraan ibadah yang dilakukan kementerian agama atau pemerintah RI,” jelasnya.

Sementara itu, hari ini Senin, 18 Juli 2022 sebanyak 8 kloter dari 5 embarkasi akan kembali dipulangkan setelah ibadah haji 2022 mereka selesai. Total 3.251 jemaah yang akan pulang via Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah, Arab Saudi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here