Thursday, 25 April 2024
HomeKabupaten BogorJambore Kades 2022, Mampu Mendorong Desa di Kabupaten Bogor Lebih Maju

Jambore Kades 2022, Mampu Mendorong Desa di Kabupaten Bogor Lebih Maju

Bogordaily.net  – Pemerintah Pusat berharap kegiatan Kades tahun 2022 menjadi momentum dalam melahirkan dan mendorong di seluruh Kabupaten Bogor menjadi yang maju, mandiri dan sejahtera.

Hadir dalam pembukaan kegiatan Kades Tahun 2022, yang berlangsung di Bukit Pelangi Sentul Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor, Sabtu 23 Juli 2022.

Mewakili Menteri Dalam Negeri RI, Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintahan Averies S. Fudhal, mengatakan, Kades merupakan kegiatan edukatif di alam terbuka  dalam bentuk perkemahan besar sebagai sarana pembinaan yang menitik beratkan pada pengembangan diri yang biasanya berkaitan sosial budaya dan intelektual.

“Kegiatan ini tentu merupakan pertemuan kades sekaligus menjadi upaya keberpihakan pemerintah baik Provinsi Jabar dan Kabupaten Bogor terhadap se-Kabupaten Bogor,” ucapnya.

Menurutnya, dengan mengusung tema memperkokoh kebersamaan dan persatuan para kades serta mengembangkan potensi menuju Kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban.

“Melalui kegiatan ini juga diharapkan mampu mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan serta mengoptimalkan ilmu pengetahuan, pengalaman dan keterampilan para kades dalam rangka mendukung visi Kabupaten Bogor dan menjadikan maju, mandiri dan sejahtera,” jelasnya.

Selain itu, Perlu diketahui bahwa, pembangunan desa pada hakikatnya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar pembangunan sarana prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan SDA bagi lingkungan secara berkelanjutan.

Pemerintah Desa sangat berperan penting dalam pembangunan desa dalam hal ini kepala desa beserta jajarannya, karena telah diberi wewenang untuk mengurus wilayah pemdes yang melaksanakan tugas pembangunan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya berharap asosiasi ini dapat berperan aktif dalam mendorong anggotanya untuk membangun sinergitas sebagai upaya perpaduan strategis antara kebijakan pemerintah pusat, daerah dan pemerintah desa,” pungkasnya.

Sementara pada kesempatan ini, ia meminta kepada seluruh Kades agar selalu taat aturan, senantiasa meningkatkan kualitas diri dalam memimpin desa untuk menciptakan tata kelola pemerintahan desa yang mampu melahirkan pelayanan publik yang efektif dan efisien.

“Serta mendukung investasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah perdesaan terutama ditengah dampak Covid-19 selama 2 tahun,” tutupnya.

(Albin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here