Sunday, 5 May 2024
HomeBeritaJangan Dibiasakan! Posisi Tidur Sambil Duduk Bisa Tingkatkan Resiko Ini

Jangan Dibiasakan! Posisi Tidur Sambil Duduk Bisa Tingkatkan Resiko Ini

Bogordaily.net – Seseorang sambil duduk dapat meningkatkan resiko pembentukan gumpalan darah yang berujung pada pembekuan darah (blood clot).

Masalah mungkin timbul jika aliran darah terhambat ketika dalam posisi itu. Berbeda dengan seseorang yang dengan cara berbaring secara horizontal di tempat , di mana jarang ada cukup gradien yang memengaruhi aliran darah ke anggota tubuh.

sambil duduk di kursi malas dalam beberapa kasus dapat meningkatkan risiko trombosis vena dalam,” ujar para peneliti dari Harvard Health seperti dikutip dari laman Express, Jumat 22 Juli 2022.

Pengaruh pembekuan darah biasanya ditentukan oleh lokasinya. Umumnya, bekuan darah tidak berbahaya selama tidak bergerak.

Gumpalan darah biasanya terbentuk di dalam vena kaki, panggul, dan lengan, yang secara medis disebut deep vein thrombosis (DVT).

Bekuan darah dapat terjadi jika lengan atau kaki sama-sama ditekuk dan tidak bergerak selama berjam-jam. Karena itulah dalam posisi tegak bisa berisiko. Namun, selama seseorang merasa nyaman dan dapat sedikit bersandar, risiko bisa diminimalisasi.

Para pakar juga mengingatkan bahwa walaupun mungkin ada risiko yang melekat pada dalam posisi duduk, ada hal penting untuk dicatat.

Posisi itu tidak menimbulkan risiko kesehatan yang signifikan kecuali seseorang memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.

tegak bukan satu-satunya posisi dengan risiko kesehatan. Menurut para ahli di Mayo Clinic, telentang juga patut diwaspadai, lantaran dapat menyebabkan lidah dan rahang miring ke bawah sehingga memenuhi jalan napas.

Efek yang bisa terjadi adalah sleep apnea. Jika dibiarkan, itu dapat menyebabkan masalah parah yang melibatkan jantung.

Apnea tidur obstruktif terbukti bisa meningkatkan risiko serangan jantung berulang, strok, dan detak jantung tidak normal.

Sebagian peneliti berpendapat tidur di sisi kiri tubuh punya efek buruk, karena dapat memengaruhi sinyal listrik organ. Namun, Monica Wassermann yang merupakan direktur medis di Oliolusso menyangkalnya dengan mengatakan tidak ada cukup bukti.

Wassermann menolak klaim bahwa tidur miring dapat meningkatkan risiko serangan jantung, terlebih pada individu sehat.

“Satu-satunya risiko yang diketahui dari tidur di sisi kiri mungkin dialami pada orang dengan gangguan jantung dan mungkin berupa rasa sakit, perubahan aktivitas EKG karena arus atau sinyal listrik terputus, kesulitan bernapas, dan ketidaknyamanan,” tuturnya.

Wassermann menambahkan, tidak ada posisi tidur lain yang terkait dengan risiko serangan jantung. Meskipun begitu, tidur miring ke kanan dapat memberikan tekanan pada vena cava sehingga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here