Satlantas Polres Bogor Berlakukan Sistem Gage

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Kabupaten Bogor ยท 8 Jul 2022 19:47 WIB

Jelang Hari Libur IdulAdha, Satlantas Polres Bogor Berlakukan Sistem Gage


 Jelang Hari Libur Idul Adha, Sistem Gage Diterapkan di Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor. (dok.Bogordaily.net) Perbesar

Jelang Hari Libur Idul Adha, Sistem Gage Diterapkan di Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor. (dok.Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Menjelang libur Hari Raya IdulAdha, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor, kembali menggelar operasi ganjil genap (gage) di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, yang akan berlangsung mulai Jumat hingga Minggu 10 Juli 2022

Selain aturan ganjil genap, Satlantas Polres Bogor juga akan memberlakukan sistem one way atau satu arah, yang diberlakukan sesuai kondisi situasional.

Kepala Bagian Operasional (KBO) Lantas Polres Bogor Iptu Ketut Lasswarjana menjelaskan bahwa, aturan ganjil genap itu sendiri sudah berlaku mulai pukul 14.00 sampai 24.00 WIB pada Jumat 8 Juli 2022.

“Sistem ganjil genap ini diberlakukan untuk mengurangi arus kendaraan yang naik ke Puncak. Kebijakan sistem ganjil genap ini merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Republik Indonesia Nomor PM 84 Tahun 2021,” kata KBO Lantas Polres Bogor Iptu Ketut Lasswarjana, pada Jumat 8 Juli 2022.

Peraturan ganjil genap tersebut, kata Ketut, mengharuskan kendaraan untuk menyelaraskan pelat nomor ganjil atau genap pada tanggal di kalendar. Penentuan ganjil genap tersebut merujuk pada angka terakhir nomor polisi kendaraan.

Namun apabila, rekayasa lalin one way diterapkan, maka sistem ganjil genap otomatis tidak dilakukan. Sebab, hal itu untuk menghindari kemacetan akibat pemutarbalikan kendaraan yang tidak sesuai.

“Untuk itu nanti sesuaikan waktu keberangkatan dengan ketentuan sistem ganjil genap di jalur Puncak. Mari tertibkan berlalu lintas dan selalu mematuhi peraturan lalu lintas,” tutup Ketut.

Untuk diketahui, kawasan Puncak, Kabupaten Bogor memang menjadi langganan macet setiap akhir pekan dan hari libur nasional atau keagamaan. Oleh karenanya, Satlantas selalu terapkan sistem gage.

Aturan ganjil genap dan sistem satu arah atau one way juga selalu diberlakukan oleh Satlantas Polres Bogor, guna mengurai kemacetan di kawasan tersebut.

(Muhammad Irfan Ramadan)

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Pengurus Matlahul Anwar Kabupaten Bogor Resmi Dilantik

3 Desember 2022 - 15:46 WIB

Tragis, Mayat Laki-Laki Ditemukan Kaku Terlungkap di Ciseeng

3 Desember 2022 - 13:37 WIB

mayat ciseeng

Bersama Pemdes, Karang Taruna Desa Tegal Salurkan Bantuan Korban Gempa Cianjur

3 Desember 2022 - 09:58 WIB

korban gempa

Antre Bansos di Desa Sukajaya, Warga Berdesakan hingga Terjepit Pintu

3 Desember 2022 - 09:52 WIB

Anak di Bawah Umur Jadi Korban Keji Pelaku Pencabulan di Klapanunggal

3 Desember 2022 - 08:33 WIB

Pelaku pencabulan

Jangan Sampai Ditilang, Berikut Perpanjangan SIM Keliling di Kabupaten Bogor Hari Ini

3 Desember 2022 - 07:35 WIB

Perpanjangan SIM Keliling
Trending di Kabupaten Bogor