Monday, 29 April 2024
HomeNasionalJelang Hari Raya Idul Adha, Ini Keistimewaan dari Puasa Arafah

Jelang Hari Raya Idul Adha, Ini Keistimewaan dari Puasa Arafah

Bogordaily.net – Jelang Idul Adha, umat Islam dianjurkan melakukan puasa sunnah. Puasa sunnah tersebut biasa disebut dengan puasa . Sedikit yang tahu keistimewaan luar biasa puasa , berikut beberapa keistimewaan puasa .

Ada dalil hadist yang menyebut hukum puasa . Hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitab Shahih-nya menyatakan, Rasulullah allallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda puasa adalah puasa yang dapat menghapus dosa setahun sebelumnya dan dosa setahun sesudahnya.

Disamping itu ada juga yang menyebut ketika Rasulullah allallahu ‘Alaihi Wa Sallam ditanya tentang puasa pada hari , Rasul menjawab hal yang sama yakni puasa dapat menghapus dosa setahun yang lalu dan dosa setahun sesudahnya.

Merujuk ketentuan tersebut maka hukum puasa adalah puasa sunah, yang jika dilaksanakan maka pelaksananya akan mendapatkan keutamaan seperti tersebut di atas. Sedangkan jika tidak dilaksanakan, maka orang teresbut juga tidak mendapatkan apapun, tidak bentuk dosa maupun pahala.

Meskipun demikian, para ulama tetap sepakat bahwa hukum puasa sebagai puasa sunah tetaplah puasa sunnah yang unggul. Sebab Puasa dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah, bertepatan dengan wukuf jamaah haji di Arafah.

Puasa ini spesial karena tidak hanya dapat menghapus dosa setahun yang lalu dan dosa setahun sesudahnya, melainkan juga karena bagian dari merayakan hari raya Idul Adha atau hari raya haji, yang dikenal juga hari raya kurban. Momen di mana umat jamaah haji memohon ampunan terhadap dosa-dosanya di padang Arafah.

Bagi mereka yang tidak dapat melaksanakan ibadah haji dan memohon ampunan secara langsung di padang Arafah, puasa Arafah bisa menjadi media untuk menggantikan momen tersebut. Setelah memahami hukum puasa arafah, dikutip dari berbagai sumber, berikut daftar keutamaan puasa Arafah bagi yang melaksanakannya

  1. Dosa-dosa kecil setahun yang lalu dan setahun kemudian diampuni oleh Allah Subanahu Wa Ta'ala
  2. Derajat orang yang berpuasa Arafah dinaikkan oleh Allah SWT
  3. Dijamin kehidupan rumah tangganya.
  4. Dibersihkan dirinya dari segala dosa dan kesalahan yang telah lalu.
  5. Dilipatgandakan amal dan ibadahnya.
  6. Dimudahkan kematiannya.
  7. Diterangi kuburnya selama di alam Barzah.
  8. Diberatkan timbangan amal baiknya di Padang Mahsyar.
  9. Diselamatkan dari kejatuhan kedudukan di dunia, serta dinaikkan martabatnya di sisi Allah SWT.

Masih berdasarkan penjelasan dalam binaqurani.sch.id. Dituliskan dalam laman tersebut bahwa Imam al-Mawardi menjelaskan melalui kitab al-Hawi al-Kabir orang yang disunnahkan melaksanakan puasa Arafah adalah orang-orang yang sedang tidak melaksanakan ibadah haji.

Jika orang yang sedang melaksanakan ibadah haji melaksanakan ibadah puasa Arafah dikhawatirkan justru akan membahayakan kesehatannya di tanah suci. Meskipun demikian, para ulama tidak melarang jika ada yang sanggup melaksanakan ibadah puasa Arafah selagi masih berhaji.

Para ulama menyarankan untuk melihat situasi dan kondisi, apabila berhaji di musim panas misalnya, maka lebih baik tidak puasa Arafah. Namun, Imam Syafii dan ahli fikih lainnya berpendapat bahwa yang lebih baik adalah tidak berpuasa Arafah bagi orang-orang yang sedang melaksanakan ibadah haji.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here