Sunday, 5 May 2024
HomeBeritaJemaah Haji Telah Selesai Jalani Safari Wukuf, Berucap Syukur

Jemaah Haji Telah Selesai Jalani Safari Wukuf, Berucap Syukur

Bogordaily.net – Jumlah jemaah yang menjalami safari bertambah. Total 136 jemaah menjalani safari berdasarkan pendataan akhir hari ini, Jumat, 8 Juli 2022. Para jemaah pun telah usai melaksanakan wakaf, dan berucap syukur.

Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, tahun ini ada 51 jamaah yang dibadalhajikan dan 136 jamaah yang disafariwukufkan.

“Sesuai komitmen pemerintah, semua jamaah haji yang berhalangan, harus dibadalhajikan atau disafariwukufkan,” terang Gus Men, panggilan akrabnya di Arafah, Arab Saudi, Jumat, 8 Juli 2022.

“Tahun ini ada 51 jamaah yang dibadalhajikan dan ada 136 jamaah yang disafariwukufkan,” tambahnya.

Kepala Bidang Bimbingan Ibadah Haji, Alam Agoga Hasibuan merinci 51 jamaah yang dibadalhajikan terdiri atas 29 badal haji karena wafat, 22 jamaah dibadalhajikan karena sakit berat.

Mereka yang sakit berat ini 10 dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), dan 12 dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi.

“Untuk jamaah safari , sebanyak 31 jamaah disafariwukufkan dengan berbaring di bus, 104 jamaah dengan posisi duduk di bus, dan ada 1 jamaah yang disafariwukufkan oleh pihak Rumah Sakit Arab Saudi,” terangnya.

Jemaah safari dibawa menggunakan 10 bus dan 4 ambulans. Jemaah tidak diturunkan dari kendaraan, hanya berdiam beberapa saat.

MD, salah satu jemaah yang disafariwukuf lega dan senang karena satu tahapan dari rangkaian puncak haji sudah selesai.

Selesainya safari disambut gembira para jemaah. Seorang jemaah mengatakan, ia merasa senang dan plong bisa ikut safari . Dia merasa, sakit yang dideranya adalah bentuk kasih sayang Allah.

“Yang saya rasakan, ini adalah bentuk kasih sayang Allah terhadap saya melalui perantaraan tenaga kesehatan,” ujarnya usai mengikuti safari di Arafah, Jumat, 8 Juni 2022.

Sepanjang menjalani proses safari , MD tak putus-putusnya memanjatkan doa. Jemaah 64 tahun asal Sulawesi Salatan ini juga menyinggung masalah taubat. Dia merasa mendapat kasih sayang sekaligus ujian atas dosa yang pernah dibuatnya.

Jemaah lainnya, SHDR, juga merasakan senang dengan selesainya Safari . Jemaah asal Padang ini mengaku semangat meski hanya mengikuti safari dari atas mobil.

“Alhamdulillah meski sakit bisa mengikuti safari wukuf, walaupun hanya di atas bus. Yang penting kami semangat, walaupun kami sakit,” jelasnya.

“Petugas yang mengurus kami, kami doakan juga semoga sehat selalu. Aamiin.”

Adapun rincian jemaah yang disafariwukufkan, 104 dalam kondisi duduk, 31 orang dalam kondisi baring. Mereka diberangkatkan dari KKHI. Sementara 1 jemaah lainnya disafariwukufkan dari RS Arab Saudi.

Lantas, siapa yang Allah pilih diampuni dosa-dosanya? Rasul bersabda, “Barangsiapa yang berhaji ke Baitullah dan tidak berbuat haram dan dosa, niscaya keluarlah ia dari segala dosanya seperti hari ketika ia dilahirkan.”

Di hari Arafah, Khotib mengajak jemaah safari wukuf untuk memperbanyak istighfar, memohon ampun kepada Penerima Taubat agar disucikan dari noda, diampuni dari segala dosa.

Usai khutbah, para petugas, baik dari Kemenag maupun Kemenkes, serta jemaah menunaikan Salat Jamak Takdim Qashar, Zuhur dan Ashar. Jemaah menunaikan kewajian salat dengan bertayammum lalu salat sesuai posisi duduk atau baringnya.

Setelah salat, semua berdoa dan berzikir. Pukul 15.00, bus safari wukuf meninggalkan Arafah menuju KKHI.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here