Friday, 19 April 2024
HomeBeritaJokowi Perintahkan Jemaah Haji yang Baru Tiba di Tanah Air Wajib Vaksin...

Jokowi Perintahkan Jemaah Haji yang Baru Tiba di Tanah Air Wajib Vaksin Booster

Bogordaily.net – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut Presiden Joko Widodo memerintahkan jajarannya untuk melakukan vaksin COVID-19 dosis ketiga atau booster kepada seluruh jemaah haji yang baru pulanh ke .

Hal ini dia sampaikan dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden usai rapat terbatas (ratas) terkait evaluasi PPKM yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

“Karena ini banyak jemaah-jemaah haji yang baru pulang, Bapak Presiden memberikan arahan untuk semua jemaah haji yang baru pulang dan belum di-booster diminta sambil menunggu di asrama haji, sebelum dijemput oleh keluarganya, bisa di-booster” kata Budi, Senin, 18 Juli 2022.

Menkes mengungkapkan, perintah ini juga selaras dengan kebijakan sebagai syarat melakukan kegiatan di perkantoran hingga ruang publik, serta perjalanan.

Dia memaparkan, peningkatan capaian vaksinasi booster juga bertujuan untuk menekan angka hospitalisasi pasien COVID-19 dan mencegah perburukan kondisi orang yang terpapar virus corona.

“Yang meninggal paling tinggi adalah orang yang belum divaksin atau yang divaksin baru satu kali, sedangkan yang sudah divaksin dua kali jauh menurun persentase fatalitasnya atau yang wafat kalau terkena. Yang di-booster sudah sangat menurun persentase yang wafatnya atau yang kena,” urai Budi.

“Oleh karena itu, Bapak Presiden memberikan arahan agar vaksinasi booster dipercepat. Beberapa kegiatan masyarakat nanti akan kita minta agar diwajibkan vaksinasi booster dengan tujuan untuk melindungi masyarakat. Kalau terkena (terpapar COVID-19), jangan sampai masuk RS dan jangan sampai wafat,” lanjutnya.

Sementara itu, hal tersebut rupanya telah dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur, dimana jemaah haji yang telah pulang asal Jawa Timur telah divaksin booster. Tentunya, Pemerintah daerah lain juga harus mengikuti himbauan yang sama.

“Karena ini banyak Jemaah haji yang baru pulang, kita melihat di Jawa Timur Bu Gubernur sudah melakukan bagi mereka yang belum dibooster baik sekali,” ucap Menkes.

Adapun, dikutip dari laman kemenag.go.id, operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1443 H/2022 M memasuki hari ke-43. Secara bertahap, jemaah haji Indonesia yang diberangkatkan pada gelombang pertama, pulang ke .

Total ada tujuh kelompok terbang (kloter) yang akan akan diberangkatkan dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah menuju pada hari pertama fase pemulangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here