Friday, 19 April 2024
HomeBeritaKarena Hal Ini, 46 Calon Haji Furoda Asal Indonesia Dipulangkan

Karena Hal Ini, 46 Calon Haji Furoda Asal Indonesia Dipulangkan

Bogordaily.net – Kementerian Agama (Kemenag) mengatakan 46 calon haji furoda dari Indonesia karena ditolak Pemerintah Arab Saudi. Penolakan ini terjadi karena calon jamaah tidak membawa dokumen yang resmi dan disyaratkan oleh Pemerintah Arab Saudi.

“Ada jemaah yang kemarin sempat terdampar di Jeddah, kondisinya sehat-sehat mereka sudah kembali ke Indonesia,” ungkap Himan, dikutip dari Antara, Senin, 4 Juli 2022.

Calon Haji Furoda ini dianggap sebagai jamaah furoda (non-kuota) tidak resmi yang diberangkatkan oleh travel agen PT Alfatih Indonesia Travel.
Perusahaan yang beralamat di Bandung, Jawa Barat ini tak terdaftar di Kemenag.

“Dokumen juga tidak seperti disyaratkan Pemerintah Arab Saudi. Tentu saja karena tidak gunakan PIHK yang resmi maka mereka tidak lapor, ini sayang sekali,” kata Hilman.

46 calon Haji Furoda yang gagal masuk ini terdeteksi dokumennya tidak resmi dan tidak pernah terdaftar Haji Furoda. Bahkan visa jamaah juga bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari negara Singapura dan Malaysia.

Atas kejadian ini pun akhirnya calon jamaah haji harus kembali ke Indonesia.

Pimpinan perjalanan dari Alfatih Indonesia Trabel Ropodin mengatakan pihaknya memang berupaya masuk Arab Saudi dengan memanfaatkan visa furoda dari Singapura dan Malaysia.

Hal ini sudah dilakukan sejak 2014 lalu. Namun, perusahaan sempat tersandung kasus jemaah tertahan di Filipina saat pulang ke Indonesia karena ketahuan menggunakan visa asing pada 2015.

“Sejak dari Indonesia saya sebenarnya sudah ada keraguan. Tapi ini kami coba karena visa dari Indonesia tak kunjung terbit,” ucap Ropidin.

Hal ini sangat disayangkan, karena sejumlah jamaah Haji Furoda juga mengaku telah mengeluarkan biaya 200 juta hingga 300 juta untuk bisa berangkat haji tahun ini.

Sementara, Kepala Seksi PIHK Daker Bandara Zaenal Abidin menambahkan bahwa apa yang dilakukan Alfatih Indonesia Travel telah menyalahi aturan.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here