Friday, 29 March 2024
HomeBeritaKenali 4 Manfaat Mengonsumsi Jus Wortel Bagi Tubuh

Kenali 4 Manfaat Mengonsumsi Jus Wortel Bagi Tubuh

Bogordaily.net – Selain dijadikan sebagai sayuran pendamping makanan pokok, manfaat wortel banyak karena memiliki kandungan gizi serta antioksidan yang tinggi.

Berdasarkan data dari United States Department of Agriculture's, menjelaskan bahwa dalam 1 cangkir wortel memiliki kandungan mineral kalium sebesar 689 mg, vitamin C sebesar 20 mg, vitamin A sebesar 36,6 mcg serta vitamin K sebesar 36,6 mcg.

Disamping itu terdapat pula kandungan serat sebesar 1,89 gr, dan kalori sebesar 90 kal. Selain zat gizi, wortel juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh, yaitu beta karoten.

Lantas, apa saja manfaat yang akan didapat bagi tubuh ketika mengonsumsi wortel? yuk simak!

1. Mencegah Kanker Perut

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa, dengan mengonsumsi wortel dapat menurunkan resiko terjadinya kanker perut sebesar 22%. Hal itu disebabkan karena adanya antioksidan beta karoten serta vitamin C yang terkandung dalam wortel tersebut.

2. Membantu dalam Terapi Leukimia

Hasil penelitian menunjukkan adanya peran wortel dalam terapi penyakit leukimia, yaitu menyebabkan sel-sel leukimia merusak diri sendiri dan menghentikan siklus pertumbuhan sel nya. Meski begitu, wortel hanya bersifat untuk membantu dalam pengobatan, bukan sebagai pilihan utama dalam pengobatan.

3. Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Berdasarkan studi penelitian pada tahun 2012 yang melibatkan responden wanita untuk mengonsumsi 8 ons wortel selama 3 minggu, mendapatkan hasil bahwa wortel dinilai mampu untuk menurunkan tingkat stres oksidatif yang menjadi pemicu kanker payudara karena adanya antioksidan yang terkandung dalam jus wortel.

4. Menurunkan Resiko Penyakit Paru Obstruktif

Penyakit paru obstruktif biasanya terjadi pada orang yang memiliki kebiasaan merokok tembakau setiap harinya. Jus wortel memiliki kandungan antioksidan berupa vitamin C, vitamin A, serta retinol yang mampu untuk menurunkan resiko terjadinya penyakit paru obstruktif tersebut.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here