Friday, 19 April 2024
HomeBeritaKetahuan Merokok di Area Masjid Nabawi, Jamaah Haji Ditangkap

Ketahuan Merokok di Area Masjid Nabawi, Jamaah Haji Ditangkap

Bogordaily.net–  Meski ada larangan merokok, tetapi para jamaah Indonesia kedapatan melakukannya. Bahkan jamaah itu sempat ditangkap oleh petugas di Arab Saudi.

Kepala Seksi Perlindungan Jemaah (Kasie Linjam) Daerah Kerja (Daker) Madinah, Harun Al-Rasyid pun mengeluhkan masih banyak jamaah Indonesia yang bandel tetap merokok di area Masjid Nabawi Madinah.

Merokok masih dilakukan para jamaah yang tinggal di hotel yang jaraknya sekitar 10 meter dari Masjid Nabawi ini. Padahal, edukasi dan sosialisasi kepada jamaah sudah dilakukan berulang-ulang. Jamaah merokok di hotel, aturannya bakal didenda sekitar 200 riyal. Namun masih banyak jamaah yang bandel dan memutuskan tetap ‘ngudud'.

“Untuk jamaah Indonesia gelombang kedua, sudah lebih tertib dibandingkan gelombang pertama. Banyak edukasi yang telah diterima jamaah, sehingga ketika sampai di Madinah gelombang kedua ini, dinamikanya sangat berubah. Ini tentu harapan kita semua agar bisa melayani jemaah lebih sempurna lagi,” kata Harun dikutip Suara.com dari Timesindonesia.co.id, Selasa, 26 Juli 2022.

Menurut Harun, aturan merokok memang lebih ketat. Namun, masih ada yang coba-coba merokok dan kedapatan petugas.

“Sampai hari ini masih ada walaupun sudah berulang kali memberi imbauan dilarang merokok,” imbuhnya.

Peraturan merokok untuk gelombang kedua, memang lebih ketat sampai pemerintah Arab Saudi memberikan denda 200 riyal dan kurungan 6 hari kerja.

“Kita tidak henti dan bosan imbau jemaah sampai di Madinah ketika di Nabawi, karena ketika di Nabawi bukan hanya larangan rokok dilarang, tapi buang sampah sembarangan, dilarang ambil barang bukan miliknya tanpa berkordinasi dengan petuas dilarangan dan dilarang bentangkan spanduk,” jelas Harun.

Ia juga mengatakan sudah ada jamaah yang ditangkap karena ketika keluar dari halaman Masjid Nabawi merokok.

“Langsung ditangkap petugas Arab Saudi. Untungnya ada lima petugas kita langsung negosiasi dengan pihak Askar,” katanya.

Saat diperiksa, ada paspor dan kelengkapan lainnya. Dan memang jamaah asal Indonesia.

“Tapi beruntung bisa dinegosiasi petugas dengan catatan, kalau ada lagi ditangkap seperti itu, sudah tidak ada lagi ampun akan ditangkap dan ditahan. Mohon kepada jemaah Indonesia untuk tidak merokok di area terlarang di Madinah,” ungkapnya.***

(Riyaldi Suhud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here