Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaKetahui! Bisa Jadi Ini Penyebab Kondom Bocor

Ketahui! Bisa Jadi Ini Penyebab Kondom Bocor

Bogordaily.net– Untuk mencegah terjadinya kehamilan salah satu caranya yakni menggunakan . Alat kontrasepsi ini juga bisa mencegah penyakit infeksi menular seksual (IMS). Meski demikian, pada beberapa kondisi, juga bisa bocor, sehingga menurunkan efektivitasnya. Apa saja penyebab bocor? Dilansir dari Aladokter.com, berikut penyebab bocor.

Sudah kedaluwarsa

memiliki batas tanggal pemakaian atau tanggal kedaluwarsa. Apabila sudah melewati tanggal kedaluwarsa, kualitas bahan kemungkinan besar sudah menurun, sehingga rentan terjadi kebocoran. Sebelum menggunakan , biasakan untuk selalu mengecek batas tanggal pemakaiannya. Jika sudah kedaluwarsa, jangan digunakan dan buanglah.

Tidak disimpan pada suhu yang tepat

Tidak menyimpan pada suhu yang tepat juga dapat meningkatkan risikonya mengalami kebocoran. Hal ini karena bahan rentan mengalami perubahan jika terpapar suhu yang ekstrem, seperti terlalu panas maupun terlalu lembap. Simpanlah kondom di tempat bersuhu ruangan, misalnya pada kotak P3K. Hindari menyimpan kondom di tempat yang mudah terpapar panas matahari langsung atau tempat yang lembap, seperti laci mobil, dompet, atau saku celana.

Ukuran tidak sesuai

Menggunakan kondom dengan ukuran yang tidak sesuai, terlebih jika ukuran kondom lebih kecil dari ukuran penis, bisa juga menyebabkan kebocoran mikroskopik pada kondom. Untuk tahu ukuran kondom yang tepat untukmu, bisa mengukur panjang, lebar, dan ketebalan penis saat ereksi. Kemudian, cocokkan ukuran tersebut dengan tabel ukuran yang ada pada kotak kemasan kondom.

Salah memilih pelumas

Penting untuk diingat bahwa kondom, terutama yang berbahan lateks, tidak disarankan untuk digunakan dengan pelumas berbahan dasar minyak, termasuk baby oil atau minyak kelapa. Sebab minyak dapat merusak dan menyebabkan kebocoran pada kondom lateks. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu menggunakan pelumas berbahan dasar air atau silikon saja.

Cara membuka kemasan tidak tepat

Saat akan berhubungan seksual, tidak sedikit orang yang terburu-buru dalam membuka kemasan kondom, misalnya dengan merobek kemasan kondom menggunakan gigi. Padahal, jika tidak dibuka dengan cara yang tepat, kondom berisiko mengalami kebocoran. Nah, untuk menghindarinya, guntinglah ujung kemasan kondom dengan menggunakan gunting kuku, lalu sobek secara perlahan menggunakan tangan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here