Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaKetemu Jokowi, Presiden Korsel Pamer Jet KF-21

Ketemu Jokowi, Presiden Korsel Pamer Jet KF-21

Bogordaily.net–  Presiden Joko Widodo () dan Presiden Yoon Suk Yeol menggelar pertemuan, di Seoul, Kamis, 28 Juli 2022 hari ini. Di hadapan , itu pun memamerkan kesuksesan uji coba jet tempur supersonik KF-21 Boramae.

“KF-21 atau IFX jet tempur generasi terbaru yang kemungkinan kedua negara telah sukses melakukan uji coba terbang perdana beberapa waktu ini. Kedua negara menyambut capaian tersebut,” kata Yoon saat konferensi pers bersama yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden sebagaimana dilansir CNNIndonesia.com.

Ia pun  bertekad untuk terus menjalankan kerja sama dengan Indonesia terkait pengembangan jet tempur bersama hingga selesai dikembangkan.

Yoon juga menyebut program kerja sama lain di industri pertahanan juga akan terus dijalankan secara proaktif dengan memanfaatkan kemampuan teknologi dan produksi Korsel yang berkelas dunia.

Sementara itu uji coba KF-21 berlangsung pada 19 Juli lalu. Saat itu, jet tempur lepas landas dari pangkalan udara Kota Sacheon pukul 15.40 waktu setempat. Administrasi Program Akuisisi Pertahanan Korsel menyampaikan KF-21 terbang selama 30 menit.

Percobaan akan terus ditempuh hingga 2026, sebelum Korsel memproduksi secara massal. Lalu pada 2030, Korsel diharapkan bisa mengirim 120 jet tempur ke Angkatan Udara mereka. KF-21 merupakan jet tempur buatan Industri Luar Angkasa Korea 047810.KS (KAI).

Indonesia ikut berperan dalam pengembangan jet tempur tersebut. Pada 2014 lalu, RI-Korsel sepakat mengembangkan jet melalui proyek senilai 8,1 triliun won atau sekitar Rp92 triliun.

Tak hanya itu, dan Yoon juga membahas sejumlah hal. Mulai dari kerja sama di bidang ekonomi, investasi, proyek Ibu Kota Nusantara (IKN), jet tempur KF-21 hingga isu kawasan dan global.

Yoon mengapresiasi presidensi Indonesia dalam forum G20 tahun ini dan mengaku tak sabar ingin hadir di KTT yang akan berlangsung di Bali Oktober mendatang.

pun menyampaikan terima kasih atas dukungan Korsel.

Sebelum ke Istana , dan rombongan terlebih dahulu mampir ke taman makam pahlawan nasional di Seoul.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here