Thursday, 28 March 2024
HomeNasionalKominfo Buka Blokir Sementara PayPal Sampai 5 Agustus 2022

Kominfo Buka Blokir Sementara PayPal Sampai 5 Agustus 2022

Bogordaily.net–  Aplikasi diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Nah, bagi para pengguna saat ini Kominfo  membuka layanan untuk sementara dan memberi kesempatan masyarakat untuk memindahkan dana yang mereka dari platform tersebut.

“Per tadi pagi, kami buka supaya masyarakat bisa migrasi,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, dalam konferensi pers virtual dilansir Suara.com, Minggu, 31 Juli 2022.

Sebelumnya, diblokir pada Sabtu, 30 Juli 2022 lantaran platform tersebut tidak mendaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE) di Indonesia. Hal ini memancing protes dari masyarakat karena sebagian besar pekerja lepas atau freelancer Indonesia memanfaatkan sebagai media pembayaran.

Melalui media sosial, sejumlah pengguna mengaku kesal dan bingung karena masih memiliki sejumlah dana di , namun, tidak bisa dicairkan karena platform tersebut diblokir.

Kominfo kemudian memberi kesempatan dengan membuka untuk sementara per jam 8.00 pagi setelah melihat kondisi masyarakat dan mendapat masukan. Pembukaan sementara ini dilakukan selama lima hari kerja, yaitu tanggal 5 Agustus pukul 23.59.

Masyarakat diharapkan memanfaatkan lima hari tersebut sebaik-baiknya, apakah untuk memindahkan dana mereka dari ke platform lain atau meminta pihak yang bekerja sama dengan mereka untuk mengirim dana ke layanan selain .

, menurut Semuel, hingga hari ini belum berkomunikasi dengan Kementerian Kominfo soal pendaftaran penyelenggara sistem elektronik. Jika sampai batas waktu yang ditentukan PayPal masih belum mendaftar, layanan tersebut harus diblokir kembali.

Seperti diketahui Kementerian Kominfo memblokir sejumlah situs dan layanan sejak Sabtu 30 Juli 2022 karena tidak mendaftar sebagai PSE yang beroperasi di Indonesia. Layanan yang diblokir antara lain adalah Yahoo Search, game online Steam, Dota 2, Counter-Strike Global Offensive dan platform distribusi digital Origin.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here