Kuliner Bogor Pepes Sagu Pisang yang Melegenda di Surken

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Pegadaian Turun, Rabu 28 September 2022 Jangan Telat Perpanjang SIM! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 28 September 2022 Terkini! Ini Ramalan Kota Bogor Hari Ini, Rabu 28 September 2022 Masih Sama, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Selasa, 27 September 2022 Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM di Kota Bogor, Selasa 27 September 2022

Kuliner · 24 Jul 2022 22:14 WIB

Kuliner Khas Bogor, Pepes Sagu Pisang yang Melegenda di Surken


 Pepes Sagu Pisang Berada di Jalan Suryakencana (Surken), Bogor Tengah, Kota Bogor. (lapisbogor/Bogordaily.net) Perbesar

Pepes Sagu Pisang Berada di Jalan Suryakencana (Surken), Bogor Tengah, Kota Bogor. (lapisbogor/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Jika biasanya makanan pepes identik dengan ikan, jamur, atau tahu, di Bogor penyajiannya menggunakan bahan dasar yang berbeda. Ya, pepes sagu pisang. Pepes sagu pisang dapat ditemui di sentra makanan tradisional kaki lima, Jalan Suryakencana (Surken), Bogor Tengah, Kota Bogor.

Dari namanya, pepes sagu pisang Bogor memang terlihat aneh. Bagaimana mungkin pepes yang biasanya merupakan olahan makanan asin atau pedas , malah menggunakan sagu dan pisang yang rasanya manis? Bagaimana rasanya ya, apa tidak jadi aneh ?

Pada tahun 1970-an, penjualan dari pepes sagu pisang dilakukan dengan berkeliling lokasi di sekitar Bogor. Namun sejak tahun 1984, ibu dari Daniel mulai menjual pepes ini di depan sebuah toko.

Mereka membuat sebuah gerobak yang bisa didorong dan digunakan untuk menjual aneka jenis pepes yang sangat nikmat dan setiap hari diburu oleh banyak selai penikmatnya.

Kalau Anda ingin mencicipi cita rasa dari pepes sagu pisang, datanglah di Jalan Suryakencana (Surken). Ya, di pecinan inilah gerobak yang menjual makanan nikmat ini ada. Di kawasan ini, hanya Daniel lah yang menjual jajan pepes sagu pisang. Jadi Anda tidak perlu kebingungan lagi mencarinya.

Daniel mulai menjual dagangannya pada pukul 09.00 pagi setiap harinya dan tutup pada pukul 19.00. Dia sendiri yang membuat pepes ini di rumah lalu membakarnya setiap ada pembeli yang datang. Di sini Anda bisa menemukan aneka jenis pepes mulai dari jamur, daging, ikan, dan pepes sagu pisang yang saat dibakar aromanya sangat menggoda.

Rasa dari pepes sagu pisang dominan manis dengan sedikit asam dari pisang. Rasa ini berbaur menjadi satu dengan sagu yang diolah dengan sangat lembut. Jika Anda tinggal di Jawa Timur, mungkin pernah menyantap jajan bernama lemet. Rasa dan tekstur dari pepes sagu pisang seperti itu hanya saja tidak ada rasa pahit dari singkong yang digunakan untuk lemet.

Kuliner Bogor yang sangat terkenal ini memiliki harga yang relatif murah. Satu biji pepes sagu pisang hanya dibanderol Rp3.000,00 dan pepes lainnya dihargai antara Rp9.000-Rp15.00,00 tergantung bahan yang digunakan.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Review Rumah Makan Sunda Termurah di Bogor, Cocok Buat Makan Siang, Cekidot!

28 September 2022 - 12:38 WIB

Review 5 Desert Khas Jepang yang Bikin Lidah Bergoyang. Pernah Nyoba?

27 September 2022 - 17:02 WIB

Silahkan Dicoba, Resep Laksa Khas Bogor Maknyus!

26 September 2022 - 13:23 WIB

Enak dan Manis, 4 Jenis Pisang Ini Cocok untuk Digoreng

25 September 2022 - 15:23 WIB

jenis Pisang

Termewah di Bali, Ini Harga Menu Makanan Atlas Beach Club 

23 September 2022 - 19:16 WIB

Menu Atlas Beach Club

Bikin Ketagihan, Ini Resep Sambal Dabu-Dabu Khas Manado

23 September 2022 - 10:31 WIB

resep sambal dabu-dabu
Trending di Kuliner