Thursday, 25 April 2024
HomeKulinerKuliner Khas Bogor, Pepes Sagu Pisang yang Melegenda di Surken

Kuliner Khas Bogor, Pepes Sagu Pisang yang Melegenda di Surken

Bogordaily.net – Jika biasanya makanan pepes identik dengan ikan, jamur, atau tahu, di penyajiannya menggunakan bahan dasar yang berbeda. Ya, pepes sagu pisang. Pepes sagu pisang dapat ditemui di sentra makanan tradisional kaki lima, Jalan (Surken), Tengah, Kota .

Dari namanya, pepes sagu pisang memang terlihat aneh. Bagaimana mungkin pepes yang biasanya merupakan olahan makanan asin atau pedas , malah menggunakan sagu dan pisang yang rasanya manis? Bagaimana rasanya ya, apa tidak jadi aneh ?

Pada tahun 1970-an, penjualan dari pepes sagu pisang dilakukan dengan berkeliling lokasi di sekitar . Namun sejak tahun 1984, ibu dari Daniel mulai menjual pepes ini di depan sebuah toko.

Mereka membuat sebuah gerobak yang bisa didorong dan digunakan untuk menjual aneka jenis pepes yang sangat nikmat dan setiap hari diburu oleh banyak selai penikmatnya.

Kalau Anda ingin mencicipi cita rasa dari pepes sagu pisang, datanglah di Jalan (Surken). Ya, di pecinan inilah gerobak yang menjual makanan nikmat ini ada. Di kawasan ini, hanya Daniel lah yang menjual jajan pepes sagu pisang. Jadi Anda tidak perlu kebingungan lagi mencarinya.

Daniel mulai menjual dagangannya pada pukul 09.00 pagi setiap harinya dan tutup pada pukul 19.00. Dia sendiri yang membuat pepes ini di rumah lalu membakarnya setiap ada pembeli yang datang. Di sini Anda bisa menemukan aneka jenis pepes mulai dari jamur, daging, ikan, dan pepes sagu pisang yang saat dibakar aromanya sangat menggoda.

Rasa dari pepes sagu pisang dominan manis dengan sedikit asam dari pisang. Rasa ini berbaur menjadi satu dengan sagu yang diolah dengan sangat lembut. Jika Anda tinggal di Jawa Timur, mungkin pernah menyantap jajan bernama lemet. Rasa dan tekstur dari pepes sagu pisang seperti itu hanya saja tidak ada rasa pahit dari singkong yang digunakan untuk lemet.

yang sangat terkenal ini memiliki harga yang relatif murah. Satu biji pepes sagu pisang hanya dibanderol Rp3.000,00 dan pepes lainnya dihargai antara Rp9.000-Rp15.00,00 tergantung bahan yang digunakan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here