Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaKunjungan ke China, Ini Hasil Pertemuan Jokowi dengan Xi Jinping

Kunjungan ke China, Ini Hasil Pertemuan Jokowi dengan Xi Jinping

Bogordaily.net–  Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke bertemu dengan menghasilkan beberapa poin. Dalam menerima kunjungan Jokowi di gedung tamu kenegaraan Diaoyutai, Beijing hari ini, Selasa, 26 Juli 2022, Xi Jinping mengaku gembira  dan memamerkan kemesraan hubungan -Indonesia selama ini. Dilansir CNN Indonesia dari rilis Sekretariat Presiden RI, berikut sejumlah poin dari pertemuan antara kedua presiden:

Kerja sama ekonomi

Jokowi dan Xi Jinping menyampaikan komitmen untuk memperkuat kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan bagi kedua negara sekaligus kawasan dan dunia.

“Republik Rakyat Tiongkok [] adalah mitra strategis komprehensif Indonesia. Kita harus mengisi kemitraan tersebut dengan kerja sama yang menguntungkan untuk negara kita, dan sekaligus untuk kawasan dan dunia,” ujar Jokowi dalam pernyataan resmi.

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, yang ikut mendampingi Jokowi mengatakan juga berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama ekonomi hijau. Bentuk kerja samanya antara lain melalui pembangunan Green Industrial Park di Kalimantan Utara.

Kedua pemimpin juga membahas mengenai pentingnya kerja sama konkret yang saling menguntungkan dalam konteks Global Development Initiative (GDI).

Pertemuan Jokowi dan Xi Jinping juga menghasilkan beberapa kesepakatan lain yakni:

1. Pembaruan Nota Kesepahaman (MoU) Sinergi Poros Maritim Dunia dan Belt Road Initiative

2. MoU Kerja sama Pengembangan dan Penelitian Vaksin dan Genomika

3. MoU mengenai Pembangunan Hijau

4. Pengaturan Kerja sama Kelautan

5. Protokol mengenai ekspor nanas Indonesia

6. Pengaturan Kerja Sama Pertukaran Informasi dan Penegakan Pelanggaran Kepabeanan

7. Rencana Aksi Kerja Sama Pengembangan Kapasitas Keamanan Siber dan Teknologi.

Bahas isu kawasan dan dunia

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi mengatakan kedua pemimpin juga membahasa isu kawasan dan dunia.

“Sebagai negara ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia memiliki tempat yang penting bagi RRT [] dan kawasan. Apalagi saat ini Indonesia memegang Presidensi G20 dan tahun depan menjadi Ketua ASEAN,” kata Retno.

Ia juga mengatakan isu G20 dan ASEAN turut dibahas. RI, kata Retno, menyampaikan penghargaan atas dukungan terhadap keketuaan Indonesia di G20.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here