Saturday, 27 April 2024
HomeEkonomiKuota BBM Pertalite Bakal Ditambah 5 Juta Kiloliter

Kuota BBM Pertalite Bakal Ditambah 5 Juta Kiloliter

Bogordaily.net– Pemerintah berencana untuk menambah kuota bahan bakar minyak () jenis . Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto menyebut sebanyak 5 juta kiloliter kuota akan ditambahkan pada tahun 2022 ini.

Sugeng mengatakan, rencana pertambahan kuota ini sesuai kesepakatan antara Komisi VII DPR dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dalam rapat kerja pada April lalu.

“Sudah ditetapkan. Itu kesepakatan kami di komisi VII. Setelah menghitung berbagai hal, maka antara pemerintah dalam hal ini yang diwakili Menteri ESDM dan kami di Komisi VII menetapkan bahwa terjadi kenaikan penambahan volume bersubsidi sejumlah 5 juta kiloliter di DPR,” ujarnya dalam Forum Kapasitas Nasional II 2022, di JCC Senayan, Kamis 28 Juli 2022 sebagaimana dilansir Suara.com.

Dengan tambahan ini, kata Sugeng, kuota menjadi 28 juta kiloliter dari sebelumnya 23 juta kiloliter. Menurutnya, penambahan kuota ini imbas dari kenaikan konsumsi masyarakat.

“Intinya ada penambahan (kuota) karena memang faktanya terjadi juga terjadi kenaikan konsumsi,” jelasnya.

Sugeng juga mengatakan penambahan kuota ini secara langsung akan menambah beban subsidi energi yang bertambah. Hanya saja, pihaknya tidak merinci berapa penambahan biaya subsidi pemerintah.

Tambahan nilai subsidi pemerintah diakuinya, akan dibahas lebih lanjut di Badan Anggaran DPR RI setelah selesainya masa reses.

“Kalau hari ini misalnya banggar tidak menaikkan, akan kita cek lagi, artinya belum putus itu, karena faktanya memang konsumsi naik,” tambahnya.

Tak hanya , Komisi VII dengan pemerintah juga sepakat menambah kuota minyak tanah. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here