Thursday, 25 April 2024
HomeTravellingLabuan Bajo Dipercantik, Jadi Daya Tarik Wisatawan

Labuan Bajo Dipercantik, Jadi Daya Tarik Wisatawan

Bogordaily.net– Kawasan Marina dan Sistem Pengelolaan Sampah Warloka di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Marina, , Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) semakin dipercantik.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/KaBaparekraf) Sandiaga Salahuddin mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerja.

Sandiaga menjelaskan dengan dibangun dan diresmikan infrastruktur fasilitas penunjang di maka akan mampu menarik jumlah wisatawan yang datang ke kota paling barat di Pulau Flores itu.

“Saya mendampingi Bapak Presiden meninjau langsung infrastruktur dan fasilitas. Mulai dari perluasan bandara, dimana proyek mampu menampung satu juta wisatawan yang diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke ,” ujar yang dilansir melalui siaran pers Kemenparekraf, Jumat, 22 Juli 2022.

Sandiaga juga meninjau kesiapan infrastruktur Pulau Rinca dan Presiden pun disuguhi atraksi dari pelaku parekraf Manggarai Barat di water front atau Marina .

“Terakhir yang sangat epik dan majestic yakni konser musik seni dan budaya dengan pemandangan water front atau Marina yang baru ditata dan disuguhkan bagi wisatawan. Dan yang menarik juga adalah pengolahan sampah terpadu. Oleh karena itu fasilitas yang sudah ada ini akan menjadi daya tarik utama yang bisa digunakan untuk menyejahterakan masyarakat di NTT khususnya Labuan Bajo,” jelasnya.

Namun, kata Sandiaga, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan antara lain kesiapan masyarakat untuk menjaga fasilitas yang sudah dibangun pemerintah agar tetap bersih, bebas sampah, serta masyarakatnya ramah terhadap wisatawan.

“Itu tugas utama yang harus diselesaikan Kemenparekraf dan melatih juga pelaku ekonomi kreatif agar Labuan Bajo memiliki daya saing, tidak hanya di Labuan Bajo tapi juga di Flores dan NTT,” ujarnya.

Menparekraf juga semakin optimistis dengan daya tarik yang dibangun oleh pemerintah mulai dari water front hingga penataan kawasan Pulau Rinca, lalu ditunjang dengan daya tarik lain seperti adanya Goa Batu Cermin, desa , keragaman budaya, serta produk-produk ekonomi kreatif.

“Promosi akan kita lakukan sehingga menempatkan Labuan Bajo sebagai destinasi unggulan. Kami cukup yakin dengan target 1,1 juta wisatawan pertahun yang diberikan oleh Presiden,” imbuhnya.

Sementara itu Presiden Joko Widodo mengatakan penataan Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) ini bertujuan untuk memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat lokal.

“Wajah NTT, wajah Manggarai Barat, wajah Labuan Bajo, saya melihat dari pagi sampai malam hari ini telah berubah total,” ujar Presiden.

Presiden menilai Labuan Bajo telah berubah sejak ia pertama kali datang pada 2015. Kini Labuan Bajo telah ditata semakin baik dan cantik. Oleh karena itu, Presiden menekankan agar kawasan ini harus dirawat dan dijaga dengan baik.

“Pertama, ramah terhadap wisatawan. Ini penting sekali, setuju? Yang kedua, jangan buang sampah sembarangan, karena sekarang Labuan Bajo sudah bersih dan sudah cantik. Jangan membuang sampah sembarangan, setuju? Setiap bulan kerja bakti, bersih-bersih, agar kawasan ini terus terpelihara dengan baik dan semakin cantik dari hari ke hari,” ujarnya.

Setelah penataan tersebut, Kepala Negara mengharapkan masyarakat dapat memanfaatkan kawasan Marina-Labuan Bajo ini untuk berbagai aktivitas.

“Ini bisa dipakai untuk aktivitas, kegiatan-kegiatan seni budaya, performing art, yang ini akan menarik para wisatawan untuk lebih banyak lagi datang ke Labuan Bajo,” katanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here