Lemes Tapi Bikin Nagih, Ini Asal Usul Tempe Mendoan

Menu

Mode Gelap
Hasil Piala Asia U-17, Timnas Indonesia Menang Tipis 3-2 Atas UEA Siap-siap Tampung Air, Pipa PDAM Sedang dalam Perbaikan Tidak Ditilang, Polisi Tegur Ratusan Pelanggar pada Hari Kedua Operasi Zebra Lodaya Update Terkini Perbaikan Pipa PDAM, Ini Wilayah yang Terdampak Buntut Tragedi Stadion Kanjuruhan, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat Dicopot!

Kuliner · 18 Jul 2022 11:04 WIB

Lemes Tapi Bikin Nagih, Ini Asal Usul Tempe Mendoan


 Asal Muasal Tempe Mendoan. (sindonews/Bogordaily.net) Perbesar

Asal Muasal Tempe Mendoan. (sindonews/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Kuliner tempe mendoan sering kita temukan bila kita mengunjungi kawasan Jawa Tengah, khususnya di kawasan daerah Banyumas, Cilacap, Purwokerto dan sekitarnya. Tempe yang satu ini sengaja digoreng setengah matang dan menjadi ciri khasnya. Berikut asal usul tempe mendoan.

Tempe mendoan, adalah sajian varian tempe yang terkenal dan banyak disukai. Berasal dari Banyumas, tempe mendoan merupakan makanan olahan dari fermentasi atau peragian dari kacang kedelai (soybean cake).

Mendoan ini berasal dari kata “mendo” yang artinya setengah matang. Tempe mendoan ini berbeda dengan yang lain karena digorengnya tidak terlalu kering dan menggunakan daun bawang.

Mendoan digoreng setengah matang karena dulunya dibuat sebagai olahan cepat saji. Hal ini bertujuan untuk mempersingkat waktu pembuatan dan tidak menghabiskan waktu untuk menunggu tempe goreng menjadi sangat kering.

Mendoan muncul bersamaan dengan tempe yang merupakan makanan berbahan baku kedelai yang banyak tumbuh di seputar Asia Tengah wilayah China dan Indocina. Lalu kedelai dibawa oleh masyarakat Asia Tengah ketika bermigrasi ke tenggara.

Makanan ini bukan sekadar kudapan nikmat untuk menemani minum teh, tetapi juga sebagai ujung tombak pariwisata Kabupaten Banyumas.

Mendoan juga sudah lama disantap oleh masyarakat Banyumas. Makanan khas Banyumas tersebut ternyata sudah ada sejak lebih dari satu abad lalu. Namun mulai menjadi komuditas ekonomis dan dikelola secara komersial dalam dunia kepariwisataan sejak awal 1960-an.

Apalagi jika disajikan hangat-hangat dengan menggunakan sambal kecap yang diberi bawang merah, dan cabe rawit serta sedikit garam sebagai pelengkap.

Kuliner tempe mendoan disantap pada saat masih hangat sebagai teman minum teh atau ngopi. Ituah tadi asal usul tempe mendoan yang jadi favorit semua kalangan.***

(Riyaldi Suhud)

Artikel ini telah dibaca 600 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Kue Pancong, Jajanan Legendaris yang Masih Eksis

5 Oktober 2022 - 13:48 WIB

Halal Gaes! Bir Kocok, Minuman Tradisional Bogor yang Menyehatkan

5 Oktober 2022 - 12:48 WIB

Rujak Bebeg, Kuliner Penghilang Penat di Siang Bolong

4 Oktober 2022 - 15:51 WIB

Mencicipi Lezatnya Toge Goreng LWS di Cibinong Bogor

4 Oktober 2022 - 12:16 WIB

Resep Ayam Woku Kemangi, Sajian yang Menggugah Selera

3 Oktober 2022 - 19:42 WIB

resep ayam woku kemangi

Bikin Ketagihan! Yuk Bikin Tumis Ayam Kemangi, Ini Resepnya

3 Oktober 2022 - 18:04 WIB

Tumis Ayam Kemangi
Trending di Kuliner