Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaMacam-Macam Stres yang Bisa Menggangu Ketenangan

Macam-Macam Stres yang Bisa Menggangu Ketenangan

Bogordaily.net adalah reaksi tubuh yang muncul saat seseorang menghadapi ancaman, tekanan, atau suatu perubahan. Untuk mencegah gangguang pada pikiran kita, Anda harus mengetahui macam-macam .

memiliki pemicu yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Terdapat beberapa faktor umum yang dapat menimbulkan seperti berada dibawah tekanan, rasa khawatir terhadap sesuatu, tidak memiliki kendali dari suatu situasi, atau dihadapkan dengan ketidakpastian.

Macam-macam stress bisa berupa akut, kronis, stres emosional, serta stres dengan kondisi burnout. Masing-masing dari stres ini tentu mempunyai karakteristik yang berbeda. Bukan hanya itu. setiap stres ini juga memiliki cara penanganan yang berbeda-beda. Hal ini tentu disesuaikan dengan kondisi yang sedang dialami

Berikut macam-macam stres yang harus diketahui

1. Stres akut

Stres akut merupakan kondisi stres yang dapat membuat penderita kehilangan keseimbangan untuk sesaat. Stres akut ini biasanya datang dengan tidak terduga namun tidak berlangsung lama.

Meskipun begitu, penderita sebelumnya mengalami respon yang sedikit mengguncang seperti ketika terlibat pertengkaran atau ujian yang tidak dapat dilakukan dengan baik.

2. Stres Kronis

stres ini dapat membuat Anda merasa terkuras, dan dapat menyebabkan kelelahan jika tidak dikelola secara efektif. Kondisi ini dapat terjadi ketika tubuh tidak dibawa kembali pada keadaan rileks sebelum gelombang stres berikutnya menghantam. Dengan begitu tubuh akan merasakan kondisi lelah yang tanpa batas.

Stres kronis dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk penyakit kardiovaskular, masalah gastrointestinal, kecemasan, depresi, dan berbagai kondisi lainnya.

3. Stres emosional

stres emosional ini dapat menghantam lebih kekras daripada stres lainnya. Misalnya, stres yang berasal dari konflik hubungan dengan pasangan, keluarga, atau orang lain, cenderung membawa reaksi fisik yang lebih besar dan rasa tertekan yang lebih kuat daripada stres yang berasal dari kesibukan kerja.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengelola stres emosional dengan baik. Anda perlu melakukan strategi manajemen stres yang dapat membantu memproses, menyebarkan, dan membangun ketahanan diri dengan baik.

4. Stres Burnout

Kondisi pekerjaan tertentu dapat menciptakan risiko kelelahan yang lebih besar, termasuk tidak hanya tuntutan yang tinggi, ekspektasi yang tidak jelas, kurangnya pengakuan atas pencapaian, dan risiko dari kesalahan yang dibuat.

Jika kondisi ini terjadi pada Anda, sulit untuk mempertahankan motivsi bekerja dan mencapai hal atau sesuatu yang dapat dicapai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here