Friday, 26 April 2024
HomePolitikMakin Mesra, PKS Komentari Penjajakan Koalisi Gerindra-PKB

Makin Mesra, PKS Komentari Penjajakan Koalisi Gerindra-PKB

Bogordaily.net mengomentari penjajakan koalisi -PKB menjelang Pilpres 2024.

Padahal sebelumnya sempat mencuat koalisi semut merah yang juga digagas PKB-.

Meski demikian, menilai semua masih dinamis dan sedang memainkan strateginya masing. Selama belum deklarasi semuanya bisa berubah.

Ketua Majelis Syuro , Salim Segaf Aljufri, menyampaikan memang masing-masing partai memiliki strateginya terutama dalam hal penjajakan koalisi. Menurutnya, sah-sah saja partai melakukan strategi untuk membangun koalisi.

“Kalau partai-partai lain pasti punya startagi memang partai A dekat dengan partai B tapi yang jelas belum deklarasi kan,” kata Salim ditemui di Kantor DPP , Jakarta Selatan, Senin 11 Juli 2022 seperti dikutip dari suaracom.

Ia menyampaikan, semua masih sangat dinamis terkait penjajakan koalisi. Meski antar partai sudah dekat ada kemungkinan untuk menjauh.

“Selagi belum deklarasi bisa berubah-ubah yang deket bisa berjauh yang jauh bisa dekat lagi yang deket bisa bubar semua bisa terjadi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Salim enggan terlalu jauh mengomentari kedekatan dan PKB. Menurutnya, awak media lebih paham soal dinamika koalisi untuk Pilpres 2024 kekinian.

“Tapi saya yakin wartawan punya bocoran yang saya sendiri tidak tahu,” tandasnya.

-PKB

Pertemuan itu dilakukan di Kawasan Senen, Jakarta Pusat, pada Kamis 30 Juni 2022 malam. Hal ini dilakukan usai kedua ketua umum partai politik tersebut melakukan pertemuan beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Partai dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sepakat untuk bekerja sama menghadapi pemilihan presiden dan pemilihan kepala daerah yang digelar serentak pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Jalinan kerja sama itu terungkap usai Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin bertandang ke kediaman Ketua Umum , Prabowo Subianto di Kartanegara, Jakarta Selatan pada Sabtu 18 Juni 2022 malam.

“Alhamdulillah kami sudah mencapai titik-titik pertemuan, titik-titik kerja sama, titik-titik kesepakatan. Di mana kami secara garis besar menyatakan keinginan kami masing-masing untuk bersama-sama, bekerja sama dengan erat untuk menghadapi tanggung jawab kenegaraan tersebut, yaitu Pilpres (pemilihan presiden), Pileg (pemilihan legislatif), dan Pilkada (pemilihan kepala daerah) tahun 2024,” papar Prabowo.

Kata dia, kerja sama Gerindra dengan PKB sebagai tanggung jawab mereka sebagai partai yang besar untuk menghadapi Pemilu Serentak.

“Ini suatu tugas kenegaraan yang sangat serius, sangat penting, dan kami sebagai ketua umum partai yang punya konstituen dan pengikut yang cukup besar, tentunya kami sadar akan tanggung jawab tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Cak Imin mengaku bersyukur dengan jalinan kerja sama antara PKB dengan Gerindra.

“Alhamdulillah malam ini semakin menguat kerja sama itu. Sampai pada kesimpulan yang disampaikan Pak Prabowo bahwa PKB dan Gerindra siap bekerja sama secara utuh menyeluruh menjelang dan menyiapkan Pilpres, Pileg dan Pilkada di 2024,” ujar Cak Imin.

Dia pun berharap kerja sama mereka dapat diikuti partai politik lain, guna menyukseskan Pemilu Serentak 2024. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here