Sunday, 12 May 2024
HomeViralKejamnya Dunia Kerja, Manajer Sengaja Mutasi Bawahan Agar Resign, Videonya Viral

Kejamnya Dunia Kerja, Manajer Sengaja Mutasi Bawahan Agar Resign, Videonya Viral

Bogordaily.net – Kejamnya dunia kerja di media sosial. Aksi seorang manajer terekam kamera blak-blakan menceritakan mutasi karyawan supaya tidak betah dan berakhir resign.

Dalam video yang di bagikan akun Instagram @keluhkesahojol.id, memperlihatkan pengakuan blak-blakan seorang manajer yang mendesak bawahannya untuk mengundurkan diri.

Ia bahkan mengaku sengaja memutasi karyawannya sampai ke tempat yang sangat jauh supaya mereka tidak betah dan mengundurkan diri.

“Oh jadi begini cara perusahaan biar karyawan nya mengundurkan diri,” tutur pemilik video, seperti dikutip Suara.com pada Jumat 22 Juli 2022.

Terdengar perdebatan antara dua pegawai sebuah minimarket dengan atasan mereka. “Memangnya kurang jauh kalian berdua (dimutasinya) biar kalian resign?” keluh manajer itu.

“(Harusnya) tahu diri lah kalian itu, berapa kali kalian dipindah, dioper sana sini, apa tujuannya? Ini saya akui (di depan kalian), supaya kalian resign,” jelasnya melanjutkan.

Bahkan ia mengakui sudah berbohong kepada kedua karyawan itu sebelumnya. “(Mutasi) bukan untuk memperbaiki kinerja kalian, bukan, (tapi) supaya kalian resign sendiri,” kata manajer tersebut.

Karena itulah, ia kembali mendesak keduanya untuk segera mengundurkan diri. “Saya tidak mau menanggung sanksi bukan karena kesalahan yang saya perbuat,” tegasnya.

Ia juga mengamuk lantaran kedua karyawannya tersebut masih nekat mengikuti program mutasi, yang sejatinya diadakan untuk membuat mereka tidak betah bekerja di sana sehingga mengundurkan diri dengan sendirinya.

“Kemarin sudah saya sampaikan di grup, jangan diikuti, tapi kalian masih saja ngeyel, dasar otak batu!” pungkasnya.

Video yang sudah disensor agar tidak memperlihatkan sosok sang manajer ini tentu menjadi sorotan banyak warganet. Kompak mereka meminta kedua karyawan untuk tetap bertahan.

Publik juga menduga strategi semacam ini sengaja dilakukan supaya karyawan mengundurkan diri sehingga perusahaan tidak berkewajiban menyediakan pesangon.

“Andaa sebagai atasan yang ga becusss membina bawahan… Apa fungsi anda sebagai spv di sana…” kritik warganet.

“Disuruh resign biar gak dapat pesangon… nunggu dipecat aja, kak…” ujar warganet.

“Memang, karena perusahaan gamau bayar pesangon kalo phk. Tapi kadang diberhentikan tapi disuruh tanda tangan surat pengunduran diri,” imbuh warganet mengungkap bentuk lain akal-akalan perusahaan.

“Ga pengen bayar kompensasi.. hmmmm,” timpal yang lainnya.

Sementara beberapa warganet lain juga terpantau menandai akun-akun Instagram pihak terkait, seperti minimarket yang diduga menjadi tempat kejadian, sampai Kementerian Ketenagakerjaan yang menaungi urusan seperti ini. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here