Friday, 29 March 2024
HomeBeritaManfaat Mengajarkan Berenang Pada Bayi Sejak Usia Pertama

Manfaat Mengajarkan Berenang Pada Bayi Sejak Usia Pertama

Bogordaily.net – Mengajarkan bayi sejak tahun pertama ternyata memiliki banyak manfaat. Tak hanya bermanfaat untuk bayi, juga bisa meningkatkan bonding antara orangtua dengan anak.

Sayangnya, masih banyak orangtua yang memandang sebelah mata kegiatan untuk bayi. Padahal, mengajarkan se-dini mungkin kepada anak, memberikan lebih banyak manfaat.

Survei yang diadakan Water Babies menunjukkan 40 persen orangtua di Inggris mengaku tak pernah memperkirakan adanya manfaat positif dari mengajarkan pada bayi.

Padahal kecelakaan ketiga tertinggi pada anak di Inggris disebabkan karena anak tenggelam.

Berikut manfaat mengajarkan pada bayi bagi tumbuh kembangnya:

1.Perkembangan fisik dan mental

Aktivitas melatih perkembangan fisik dan mental anak. Anak tak hanya tumbuh lebih bugar dan kuat, namun juga membantu anak untuk lebih bernafsu makan dan lebih nyenyak tidur.

2. Bonding

bersama bayi menjadi momen yang menyenangkan untuk anak dan orangtua. Selain mendebarkan, bersama bayi juga meningkatkan bonding orangtua-anak.

3. Belajar life-skill

Nyatanya, renang bukan hanya olahraga fisik. Melalui renang, bayi juga bisa belajar life-skill, termasuk kemampuan untuk bertahan dan menjaga diri.

Menurut survei, 90 persen ayah dan ibu setuju bahwa menjadi tanggungjawab mereka untuk menjamin anak-anaknya memiliki life-skill. Artinya, adalah tugas orangtua untuk mendidik dan membimbing anak untukmemiliki life-skill seperti kemampuan , bersepeda, memahami etika di meja makan.

4. Melatih otot

Saat berenang, seluruh anggota tubuh anak Anda akan bergerak untuk melawan air. Gerakan tersebut dapat membantu mengencangkan dan memperkuat otot anak Anda.

Bila dilakukan secara rutin, tubuh anak Anda akan menjadi lebih kuat. Tubuh yang kuat tentu saja dapat mendukung setiap aktivitas yang menunjang tumbuh kembang anak Anda.

5. Meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru

Bukan cuma melatih otot, berenang juga bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Pasalnya, berenang melatih tubuh untuk menggunakan oksigen lebih efisien.

Adapun hal ini dapat membantu menurunkan denyut jantung saat istirahat serta laju pernapasan yang memang baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru anak.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here