Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaMenag Minta Maskapai Tidak Ubah Jadwal Penerbangan Jamaah Haji Seenaknya

Menag Minta Maskapai Tidak Ubah Jadwal Penerbangan Jamaah Haji Seenaknya

Bogordaily.net–  Terdapat perubahan penerbangan jamaah yang pulang ke Indonesia. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pun menegaskan maskapai penerbangan tidak mengubah jadwal penerbangan jamaah sesukanya. Sebab, berimbas langsung pada jamaah.

“Tidak bisa mengubah-ubah pemberangkatan sesukanya karena ini terkait jamaah dan lain-lain termasuk penganggaran dan konsumsi terutama jamaah yang tidak semudah seperti di Indonesia,” kata Yaqut saat ditemui tim Media Center di Jeddah, sebagaimana dilansir Suara.com.

Gus Yaqut–sapaan karibnya–, hingga kini pihaknya sudah dapat surat perubahan jadwal ke-16 dari maskapai Garuda Indonesia. Hal ini tentunya berdampak pada jamaah .

“Bahkan hari ini kita terima surat yang harusnya pulang dari Madinah digeser minta pulang ke Jeddah. Ini butuh waktu persiapan kurang lebih 9 jam, artinya ini akan mengurangi hak jamaah selama di Madinah selain tentu ada konsekuensi lain terkait pembiayaan,” ujar Yaqut.

Ia juga sudah meminta Dirjen Penyelenggaraan Ibadah dan Umrah beserta jajarannya untuk bicara ulang dengan maskapai terkait kontrak pemberangkatan jamaah .

“Jadi saya minta, saya tegas saja sesuai dengan kontrak. Maskapai penerbangan sesuai dengan kontrak. Saya tidak mau ada manuver-manuver lain di luar itu, nggak tau caranya itu karena ini terkait dengan jemaah,” katanya.

Sementara itu operasional 1443 H/2022 M sudah memasuki hari ke-43. Sejak 15 Juli hingga saat ini, telah berlangsung fase pemulangan jemaah gelombang pertama dari Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah.

Mulai 21 Juli 2022, jamaah yang berangkat pada gelombang kedua akan diberangkatkan dari Mekkah menuju Madinah.

Rapat evaluasi penyelenggaraan pelayanan tahun 1443 Hijriah dihadiri oleh delegasi Amirul Hajj, Duta Besar RI di Arab Saudi Abdul Aziz, Konsul Jenderal RI di Jeddah Eko Hartono, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, serta Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Arab Saudi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here