Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaPaling Produktif di Grup A, Kenapa Timnas Indonesia U-19 Gagal Lolos ke...

Paling Produktif di Grup A, Kenapa Timnas Indonesia U-19 Gagal Lolos ke Semifinal?

Bogordaily.net gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 meski menjadi tim paling produktif di Grup A ajang sepak bola kelompok umur se-ASEAN itu. Lalu apa penyebabnya? Berikut ulasannya sebagaimana dilansir Suara.com, Senin, 11 Juli 2022.

mengakhiri babak penyisihan Grup A dengan kemenangan 5-1 atas Myanmar. Hasil tersebut membuat Garuda Nusantara mengoleksi 11 poin, setara dengan Vietnam dan Thailand. Namun, dipastikan gagal lolos ke semifinal lantaran duel Thailand vs Vietnam berakhir imbang dengan skor 1-1.

Situasi itu membuat ketiga tim memiliki poin sama yakni 11. Namun, Piala AFF U-19 memiliki regulasi tersendiri untuk menentukan peringkat akhir suatu grup. Alih-alih mengedepankan jumlah selisih gol dan agresivitas gol, AFF menggunakan head-to-head antara tim-tim dengan poin sama untuk menentukan peringkat.

Lebih jelasnya, tiga tim di Grup A yakni Indonesia, Thailand dan Vietnam dibuatkan klasemen mini untuk menentukan peringkat akhir.

Namun, berhubung AFF mengedepankan head-to-head dalam menentukan peringkat, maka situasi itu secara tak langsung jadi kerugian bagi tim asuhan Shin Tae-yong.

Secara head-to-head, timnas Indonesia cuma bermain imbang tanpa gol ketika menghadapi Vietnam dan Thailand. Sementara kedua negara yang disebutkan, mampu bermain imbang 1-1 dalam pertemuannya di Grup A.

Skema itu membuat klasemen mini menunjukkan Vietnam sebagai juara Grup A dengan dua poin, +0 selisih gol, dan 1 agresivitas gol. Sedangkan Thailand menduduki peringkat kedua dengan dua poin, +0 selisih gol dan +1 agresivitas gol. Di sisi lain, yang tak mampu mencetak gol dalam hasil imbang kontra dua tim di atas, harus menduduki peringkat ketiga atau terakhir dengan koleksi dua poin, +0 selisih gol dan +0 agresivitas gol.

Situasi itu membuat harus tersingkir dari Piala AFF U-19 2022 sedangkan Vietnam dan Thailand yang menduduki dua besar berhak melaju ke babak semifinal.

Pelatih , Shin Tae-yong menyinggung penggunaan regulasi tersebut di Piala AFF U-19 2022. Dia merasa ketidak lolosan Indonesia tak masuk akal.

“Regulasi turnamen ini aneh karena AFF masih memakainya, padahal sudah tak digunakan FIFA dan AFC,” ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai pertandingan vs Myanmar di Stadion Patriot Bekasi, Minggu, 10 Juli 2022 malam.

“Jadi, ketidaklolosan kami ke semifinal tidak masuk akal,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan mengalahkan Myanmar 5-1, Timnas U-19 gagal ke semifinal Piala AFF U-19 2022 karena hasil imbang Vitnam vs Thailand dengan skor 1-1. Hasil itu membuat gagal ke semifinal meskipun bermain dengan sangat baik.

menang telak 5-1 atas Myanmar pada laga terakhir Grup A di Stadion Patriot Bekasi, Minggu 10 Juli 2022 malam. mengamuk dan menggilas Myanmar dengan skor mencolok 5-1 setelah sempat tertinggal lebih dulu lewat gol cepat pada babak pertama.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here